Ndalem Kaneman Kraton Yogyakarta

Ndalem Kaneman

Ndalem Kaneman terletak di jalan Kadipaten Kidul, No.44, RT/RW 9/3, Kalurahan Kadipaten, Kecamatan Kraton Yogyakarta, dengan luas bangunan keseluruhan 5595 m² dan luas tanah 10.885 m².

Ndalem Kaneman ini dibangun pada tahun 1855 pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono V dan digunakan pertama kali oleh KRT Suronegoro hingga meninggalnya pada tahun 1911.

Sejarah

Pintu gerbang Ndalem Kaneman (https://cagarbudayajogja.blogspot.com)

Bangunan ini ditempati oleh KRT. Wiraguna (Putra P. Mangkubumi/HB VI) pada tahun 1904 sewaktu menjabat sebagai Patih Kadipaten Anom. Setelah wafat, Ndalem Kaneman ditempati oleh putranya yaitu RM. Kaswarjo (KRT. Purwadiningrat) suami dari Siti Swandari (Putri ke-19 HB VIII) sampai tahun 1988. Di samping itu Ndalem Kaneman dipergunakan oleh paguyuban Siswa Among Beksa untuk pengembangan tari klasik gaya Yogyakarta. Saat ini bangunan Ndalem Kaneman dipergunakan oleh keluarga GKR. Anom Adibrata, putri I Sri Sultan HB IX dari ibu KRAy. Pintakapurnama. Selain sebagai tempat tinggal, bangunan ini juga dipergunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan pariwisata.

Denah

Dalem Kaneman menghadap ke selatan yang secara garis besar terdiri dari tiga bangunan yaitu pendapa, pringgitan, dan rumah induk. Di kanan-kiri bangunan induk terdapat tembok sebagai penyekat atau seketheng. Dalem Kaneman dikelilingi oleh pagar dengan dua pintu masuk berbentuk kori atau regol gapura paduraksa.

Pemugaran

Pada tahun 1904, bangunan ini pernah dilakukan pemugaran oleh KRT. Wiraguna (putra HB VI) dengan bantuan A.J. Ressink seorang pejabat di Java Instituut. Pada tahun 1924, restorasi dilakukan oleh KRT. Wiroguno dan diberi nama nDalem Wirogunan. Pada tahun 1989 dilakukan pemugaran pada bagian atap seng dan plafon.

Sumber: kebudayaan.kemdikbud

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Benteng Vredeburg Gondomanan Yogyakarta

Tue Aug 4 , 2020
Benteng Vredeburg Benteng Vredeburg terletak di Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta 55122, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan luas 45.574 m². Benteng Yogyakarta, semula bernama “Benteng Rustenburg” yang mempunyai arti “Benteng Peristirahatan”, dibangun oleh Belanda pada tahun 1760 di atas tanah Keraton. Berkat izin Sri Sultan Hamengku […]