Ekowisata Mangrove Sayeung Setia Bakti Aceh Jaya Aceh (Video)

1

Ekowisata Mangrove Sayeung Gampong Baro

Ekowisata Mangrove Sayeung terletak di Desa Gampong Baro, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, dengan luas lahan kurang lebih 300 hektar.

Masyarakat Gampong Baro rata-rata bekerja sebagai petani sawah, berkebun, nelayan, peternak, dan berjualan di Pantai. Kondisi lingkungan fisik alamnya sangat subur karena memiliki pegunungan. Selain memiliki pegunungan, Gampong Baro juga memiliki pantai sehingga masyarakat memanfaatkan objek wisata tersebut untuk mencari nafkah.

Sunset di Ekowisata Mangrove Sayeung Gampong Baro

Sejarah

Abdul Hadi, inisiator Ekowisata Mangrove Sayeung Gampong Baro

Pasca tsunami, dengan melakukan penanaman mangrove di Gampong Baro, dimulai tahun 2008 oleh BRR, FFI, Dinhutbun Aceh Jaya serta berbagai LSM, sehingga di lokasi tersebut tumbuh sangat bagus tanaman bakau-nya.

Dengan adanya tanaman bakau tersebut, habitat ikan, kerang, udang dan kepiting berkembang pesat sehingga menjadi sumber pencaharian nelayan sungai di desa sampai saat ini.

Naik perahu keliling Ekowisata Mangrove Sayeung Gampong Baro (https://www.ajnn.net)

“Tanaman mangrove ini tumbuh subur, sehingga pada tahun 2014 – 2016 dilakukan penanaman mangrove oleh PMI (Palang Merah Indonesia) bersama Pemkab Aceh Jaya, Kementerian KKP Pusat bidang Wisata Bahara dan IPB Bogor”, kata Abdul Hadi, ketua LSM Sayeung Gampong Baro.

Akhirnya pada tanggal 4 November 2017 terbentuknya Ekowisata Manggrove Sayeung Gampong Baro, berbentuk Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Sayeung Gampong Baroe, bersama Aparatur Gampong Baro mencoba merealisasikan masuk sebagai program baru desa, menjadi tempat lokasi wisata mangrove.

Ekowisata Mangrove Sayeung Gampong Baro

Jenis Mangrove

Ekowisata Mangrove Sayeung Gampong Baro

Mangrove yang dikembangkan Ekowisata Mangrove Sayeung Gampong Baro didominasi dari suku Rhizophoraceae seperti jenis bakau-bakau atau Rhizophora spp. Jenis lainnya yaitu Api-api atau Avicennia spp dan Nipah.

Fauna

Ekowisata Mangrove Sayeung Gampong Baro

Dengan adanya tanaman manggrove tersebut, habitat ikan, kerang, udang dan kepiting berkembang pesat di kawasan tersebut, sehingga menjadi sumber mata pencaharian nelayan.

Pembibitan

Abdul Hadi dengan berlatar belakang bibit Mangrove yang sedang dikembangkan

Tahun 2020 telah tersedia bibit Mangrove di Ekowisata Mangrove Sayeung Gampong Baro sebanyak 100.000 bibit, direncanakan sebanyak 300.000 bibit, akan ditanam di Pantai Aceh Barat khususnya dan Aceh pada umumnya.

Fasilitas

Kapal Boat di Ekowisata Mangrove Sayeung Gampong Baro

Ekowisata Mangrove Sayeung Gampong Baro dapat bantuan 2 unit kapal boat, 1 dari DKP Aceh dan 1 lagi dari Kementerian KKP Pusat.

Paket Wisata

Paket Mancing, tersedia peralatan mancing untuk disewakan.

1. Paket Keliling Hutan Mangrove
2. Paket Mancing
3. Wisata Edukasi
4. Paket Kuliner
5. Paket Budidaya
6. Paket Penangkaran Buaya

Eko Wisata Mangrove Sayeung Gampong Baro

Sekretariat
Jl. Banda Aceh- Maulaboh KM 143, Desa Gampong Baro, Kecamatan Setia Bakti,
Kabupaten Aceh Jaya KP. 23655, Provinsi Aceh
Kontak person: +62 822-6700-5367 (Abdul Hadi, S.Pd)

One thought on “Ekowisata Mangrove Sayeung Setia Bakti Aceh Jaya Aceh (Video)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Menyelamatkan Hutan Mangrove untuk Kesejahteraan Nelayan Sumatera Barat

Fri Aug 14 , 2020
Ilustrasi Hutan Mangrove (https://www.lampost.co) Provinsi Sumatera Barat memiliki wilayah Pesisir di tujuh Kabupaten dan Kota yaitu Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman, Kota Pariaman, Kota Padang dan Pesisir Selatan dengan luas laut kurang lebih 37.363,75 kilometer persegi, Panjang garis pantai 1973,24 Km, jumlah pulau 185 pulau. Namun sayangnya, potensi […]