Batik Kabupaten Magelang Jawa Tengah

Batik Ngluwar motif Ikan Koi

Batik telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya bangsa Indonesia. Hampir di setiap daerah memiliki beragam motif dan corak yang menunjukkan ciri khas daerah tersebut. Termasuk batik khas Magelang, Jawa Tengah, yang tidak kalah unik dari jenis batik dari daerah lainnya.Produk batik khas Magelang mencakup berbagai macam, mulai dari batik tulis, cap, warna alam, warna sintetis, eco-print hingga batik lukis.

Motif

Corak khas Kabupaten Magelang pun juga bermacam-macam, bahkan masing-masing kecamatan memiliki corak yang berbeda-beda.

Batik Ngluwar

Desa Ngluwar, Kecamatan Ngluwar, merupakan desa dimana masyarakatnya mempunyai kegiatan dibidang kerajinan batik. Tahun 1998 dibentuklah wadah sebagai kegiatan usaha dalam bidang batik yang dinamakan Sanggar Batik Ghani. Sanggar tersebut kegiatannya diantaranya membuat desain sampai menjadi barang jadi, kemudian munculah suatu ide atau gagasan untuk memiliki identitas dan memiliki kekhasan yang bidang desain maupun warna.

Warna

Warna kain batik Ngluwar cenderung menggunakan warna terang, sebagai ciri khas batik Ngluwar. Untuk menghasilkan warna terang para pengrajin menggunakan bahan pewarna kimia seperti, Indogosol dan Napthol, hal ini bisa dilihat dari komposisi warna yang beraneka ragam.

Motif Batik Ngluwar

Motif Batik Ngluwar pengabadian flora dan fauna yang ada di Desa Ngluwar tanaman itu diantaranya, krokot tanaman yang tumbuh di pematang sawah dimanfaatkan sebagai sayuran dan obat, daun tembakau tanaman yang dibudidayakan, pemanfatan daun tembakau sebagai bahan utama pembuatan rokok, pohon pisang tanaman yang dibudidayakan dimanfaatkan dari batang, daun dan buahnya, bunga matahari di taman sebagai tanaman hias di halaman rumah dan lain sebagainya.

Batik Ngluwar Motif Bunga Matahari

Batik Ngluwar Motif Lukisan Ikan Koi

Batik Gunungpring

Beberapa motif Batik Gunungpring (https://www.inibaru.id)

Batik Gunungpring yang tersentral di Desa Gunungpring Kecamatan Muntilan, terdapat 23 pembatik yang sudah tercatat secara resmi.

Motif

Desa Gunungpring, yang merupakan wilayah pegunungan, yang membuat mayoritas batiknya bertemakan pemandangan alam, dedaunan, kayu, dan umumnya pohon bambu.

Warna

Batik Gunungpring dengan warna-warna alam seperti kuning, hijau, cokelat, dan hitam.

Batik Borobudur

Beragam motif Batik Borobudur (https://www.liputan6.com)

Para pengrajin Batik Borobudur berada di Desa Borobudur, Desa Wanurejo, desa Majaksingi, Wringinputih dan Kembanglimus berinovasi membuat Batik Borobudur yang memiliki corak asli dari relief Candi Borobudur.

Motif

Dikutip dari beritamagelang, “Ada rambu-rambu yang harus ditaati oleh perajin batik Borobudur dalam penggunaan motif relief candi,” terang Arkeolog Balai Konservasi Borobudur (BKB) Magelang, Hari Setiawan di sela Workshop Batik Borobudur dengan tema “Inspirasi Motif Dari relief” di BKB Magelang, Rabu (2/10).

Ada dua kelompok relief candi Borobudur, yakni Dekoratif Simbolis dan Naratif.

Ia memberi contoh relief dekoratif simbolis seperti penghias antar relief, pilaster, sulur gelung dan geometris, dipebolehkan untuk dikembangkan sebagai motif batik Borobudur. Juga beberapa gambaran seperti adegan budi pekerti pada manusia, bisa digunakan. Seperti relief monyet dan buaya.

Sedangkan relief naratif, banyak menyangkut naskah keagamaan Budha. Ada Karmawibangga, Jataka Awadana, lalita Vistara dan sebagainya, yang tidak boleh dikembangkan sebagai motif batik.

Perajin batik yang akan menggunakan relief naratif untuk inspirasi, sebaiknya melihat jalan cerita dan figur siapa saja yang bisa diadopsi secara penuh. Misal penggambaran stupa atau orang suci beserta tributnya.

Pengrajin Batik

Batik Ngluwar

Sanggar Batik Ghani
Ngluwar 003/001, Desa Ngluwar, Kecamtan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
WA: +62 857 4239 4739

Batik Gunungpring
Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Batik Borobudur
Berada di Desa Borobudur, Desa Wanurejo, desa Majaksingi, Wringinputih dan Kembanglimus.

Batik Samaratunggal (Batik Borobudur)
WA/Phone: +62 822 4646 4617/ +62 812 2990 750
FB : Batik Samaratungga
Email : batiksamaratungga@gmail.com

Batik Tingal Laras (Batik Borobudur)
WA/Phone: +62 822 4646 4617

Tingal Laras House of Batik
Dusun Tingal Kulon, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Sumber: Kerajinan Batik di Desa Ngluwar Kabupaten Magelang Propinsi Jawa Tengah (Suatu Kajian Motif dan Warna) Oleh Rochim, Program Studi Pendidikan Seni Kerajinan, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta, Mei 2013

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Batik Kabupaten Madiun Jawa Timur

Mon Aug 10 , 2020
Beragam Batik Kabupaten Madiun ((http://kitamadiun.blogspot.com)) Dewasa ini, batik sudah dikembangkan di banyak daerah dengan mengusung keberagaman budaya dan ciri khas masing-masing daerah yang terlihat dari sejumlah motifnya. Kabupaten Madiun merupakan daerah yang terletak geografis di Jawa Timur, telah dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun beberapa motif dan juga dikembangkan oleh […]