Batik Kabupaten Madiun Jawa Timur

1

Beragam Batik Kabupaten Madiun ((http://kitamadiun.blogspot.com))

Dewasa ini, batik sudah dikembangkan di banyak daerah dengan mengusung keberagaman budaya dan ciri khas masing-masing daerah yang terlihat dari sejumlah motifnya. Kabupaten Madiun merupakan daerah yang terletak geografis di Jawa Timur, telah dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun beberapa motif dan juga dikembangkan oleh kelompok pengrajin batik yang ada di Kabupaten Madiun.

Motif

Keempat motif batik yang dikembangkan oleh Pemkab Madiun  dan dijadikan ciri khas dari batik Kabupaten Madiun yaitu Batik Kenanga yang merupakan motif batik paling tua, Batik Porang, Batik Serat Jati, dan Batik Gabah Sinawur.

Motif Kenanga

Motif Kenanga (http://kitamadiun.blogspot.com)

Motif Batik yang melambangkan keharuman dan diambil dari nama desa tempat batik tersebut dibuat, yakni di Desa Kenongorejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun.

Motif Porang

Motif Porang (http://kitamadiun.blogspot.com)

Motif Batik yang merupakan komoditas ekspor warga tepian hutan di Kabupaten Madiun.

Motif Serat Jati

Motif Batik yang melambangkan wilayah Kabupaten Madiun 40 persen berupa hutan jati,

Motif Gabah Sinawur

Motif Batik yang melambangkan Kabupaten Madiun sebagai lumbung pangan, terutama padi Jawa Timur sebelah barat.

Motif song song (payung)

Seorang pembatik Desa Sewulan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Siti Mukaromah, 51, membatik Motif Song Song (https://www.madiunpos.com)

Dalam sejarahnya, song song ini menjadi awal berdirinya Desa Sewulan. Singkat cerita, Kiai Ageng Basyariyah, pendiri Desa Sewulan, diminta untuk mencari song song oleh gurunya.

Hingga akhirnya Kiai Basyariyah menemukan song song ini di tengah hutan yang saat ini menjadi Desa Sewulan. Song song ini yang kemudian dijadikan motif batik khas Sewulan.

Motif Pecel

Merupakan kuliner tradisional Madiun, berbagai bahan yang digunakan untuk membuat kuliner pecel, seperti kacang panjang, daun singkong, bunga turi, kacang tanah, cabai, dan lainnya. Sri Murniyati, pemilik Batik Murni Madiun merupakan orang pertama yang menemukan motif bertema pecel itu.

Pengrajin

Kelompok pengrajin batik di Kabupaten Madiun saat ini ada sekitar 10 kelompok yang tersebar di Kecamatan Madiun, satu lagi di Kecamatan Balerejo, dua di Kecamatan Pilangkenceng, dua di Kebonsari, dua di Kecamatan Wungu, satu di Sawahan, dan satu lagi di Kecamatan Dolopo.

One thought on “Batik Kabupaten Madiun Jawa Timur

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Batik Kabupaten Blitar Jawa Timur

Mon Aug 10 , 2020
Beragam Motif Batik Kabupaten Blitar Di Indonesia, batik merupakan lambang kearifan lokal serta simbol jati diri bangsa warisan nenek moyang yang harus kita jaga kelestariannya. Di masing-masing daerah, batik memeiliki keberagaman corak dan karakteristik motif yang berbeda-beda sesuai dengan kearifan lokal daerah itu sendiri. Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga […]

You May Like