Batik Kabupaten Blitar Jawa Timur

1

Beragam Motif Batik Kabupaten Blitar

Di Indonesia, batik merupakan lambang kearifan lokal serta simbol jati diri bangsa warisan nenek moyang yang harus kita jaga kelestariannya. Di masing-masing daerah, batik memeiliki keberagaman corak dan karakteristik motif yang berbeda-beda sesuai dengan kearifan lokal daerah itu sendiri.

Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur, bersama LPPMPPPM ISI Surakarta mengadakan Sosialisasi Hasil Kajian Motif Batik Khas Kabupaten Blitar yaitu Motif Cakra Palah, tidak akan mematikan motif yang sudah ada tapi justru akan menguatkan design batik yang telah ada.

Batik Kabupaten Blitar (https://infobatik.id)

Batik Motif Cakra Palah

Cakra berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya roda atau lingkaran. Menurut KBBI, cakra berarti roda, besi bundar, pipih dan tajam (sebagai senjata). Merupakan senjata andalan Dewa Wisnu yang berupa panah berbentuk bola seperti roda bergerigi. Sedangkan Palah berasal dari nama asli Candi Penataran yaitu Candi Palah.

Makna dari Cakra Palah sendiri adalah simbol kesadaran sejati manusia akan keberadaannya sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang tidak sempurna, sehingga dalam kehidupannya harus selalu berupaya untuk mencari kesempurnaan urip sejati dengan berbuat baik pada sesama.

Batik Kabupaten Blitar (https://petaportal.com)

Batik Motif Tutur

Batik Tutur (https://inilahblitar.blogspot.com)

Tutur atau Pitutur dalam bahasa jawa berarti nasehat-nasehat yang sarat akan makna filosofis kehidupan pada tiap motifnya. Sebelum dikenal masyarakat luas, Batik kebanggaan Blitar ini memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang.

Batik Tutur menggunakan gambar binatang dan tumbuh-tumbuhan sebagai unsur atau ornamen utama. Antar ornamen utama itu kemudian terhubung dengan unsur-unsur tertentu sehingga ada saling keterkaitan satu ornamen utama dengan yang lain dan membentuk sebuah alur cerita atau nasehat (Tutur).

Sejarah

Keberadaan batik Tutur ini awalnya diketahui lewat foto hitam putih yang terdapat pada arsip-arsip kuno zaman kolonial Belanda. Dalam Caption dengan Bahasa Belanda dituliskan keterangan “Batik Afkomstig Uit Blitar, 1902”. Dalam bahasa Belanda artinya sangat mencengangkan yaitu “Batik yang berasal dari Blitar, 1902”.

Motif Batik Tutur

Motif Batik Tutur sendiri berisi simbol-simbol yang menggambarkan sindiran bagi para peguasa dan ndoro bentukan penjajah Belanda pada saat itu. Namun ’batik kerajinan tangan rakyat di Blitar’ yang berkembang pada saat itu masih sebatas seperti cerita dalam Wayang Beber yang peruntukannya sebagai penghias dinding ruangan.

Dikutip dari balitar.id, batik tutur memiliki 15 motif, beberapa motif diantaranya, Cinde Gading, Gambir Sepuh, Simo Samaran, Winih Semi, Jalu Watu, Celeret Dubang, Tanjung Manila, Mupus Pupus, Galih Dempo, Mirong Kampuh Jinggo, Gunung Menyan dan lain-lain.

Sentra Pengrajin Batik

Tempat pengrajin batik tersebar di berbagai daerah di Kabupaten Blitar diantaranya  adalah:

1. Batik Tulis Djojo Koesoemo
Terletak di Dusun Tolok Rt 2/1 no 5, Desa  Pojok Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar

Batik Tulis Wonokusumo
Terletak di Desa Janten, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar

Batik Tulis Dewi Sri
Terletak di Desa Darungan, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar

Batik Tlogo
Terletak  di  Desa  Tlogo,  Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar

Batik Tutur yang di produksi oleh Dewan Kesenian Kabupaten Blitar

Batik Cantik
Terletak di Desa  Pojok, Kecamatan Garum, Kabupaten  Blitar

Batik Jumput Zakia
Terletak di  Kecamatan Kesamben, Kabupaten  Blitar

One thought on “Batik Kabupaten Blitar Jawa Timur

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Batik Bangkalan Jawa Timur

Tue Aug 11 , 2020
Beragam Motif Batik Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan seperti yang diketahui merupakan salah satu penghasil batik tradisional tepatnya di Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Batiknya dibuat dengan menggunakan teknik khusus yang biasa dikenal batik gentongan. Kecamatan Tanjung Bumi terdapat sentra batik yaitu Desa Tanjung Bumi, Telaga Biru, Paseseh, Bumi […]

You May Like