Tarian Tradisional Kota Tasikmalaya Jawa Barat

Tari Payung Geulis (https://www.cnnindonesia.com)

Kota  Tasikmalaya  merupakan  satu  di  antara  daerah  di  Jawa  Barat yang kaya akan berbagai jenis keseniannya. Hampir di setiap penjuru kota Tasikmalaya terdapat kesenian. Walaupun masih dalam satu wilayah yang sama,  kesenian  yang  dimiliki  berbeda –beda  dan  memiliki  ciri  khasnya sendiri.

Tari Payung Geulis

Tari Payung Geulis (https://www.radartasikmalaya.com)

Merupakan tarian yang menggunakan properti payung dengan warna-warna cerah sehingga terlihat menarik. Tari Payung Geulis menginterpretasikan keindahan payung yang diberi hiasan lukisan bunga serta memperlihatkan cantiknya para Mojang Tasik yang menari dengan lemah gemulai.

Tari Payung Geulis menerapkan konsep warna pada busana penari dan pemusik yaitu warna kuning terang, merah terang dan biru terang. Rias penari menggunakan rias korektif, serta iringan tari tidak hanya menggunakan Angklung dan dog-dog saja melainkan iringan internal dari suara-suara pengiring tari.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Tempat Pentas Seni Budaya di Kota Cimahi Jawa Barat

Thu Jul 16 , 2020
Upacara Tutup Tahun Sunda Saka di Kampung Adat Cireundeu Cimahi (https://limawaktu.id) Ketertarikan masyarakat Cimahi terhadap seni tradisional semakin hari semakin tinggi, hal ini dapat terlihat dari semakin banyaknya sanggar/grup/komunitas/padepokan seni di Kota Cimahi. Kesenian tradisional ini pula semakin eksis karena banyaknya kegiatan-kegiatan yang di masukan kedalam berbagai sosial media, sehingga […]