Permainan Tawon Tawonan

Permainan Tawon tawonan

Tawon tawonan (lebah lebahan) merupakan permainan yang dilakukan beberapa orang dan satu orang berlaku sebagai Tawon. Tawon mengejar orang untuk disengat. Peserta yang kena sengat berganti peran menjadi Tawon (Suherman, et.al. 2015:249)

Cara bermain

Cara memainkannya pertama menentukan siapa yang menjadi Tawon, melalui undian atau hompimpah. Setelah didapat penjaga maka permainan siap untuk dimulai, tawon berusaha menyengat orang agar menggantikan posisinya. Kalau mau selamat dari tawon maka diwaktu tawon mendekat untuk menyentuh pemain harus jongkok agar tidak tersengat. Pemain yang jongkok tidak bisa berdiri sebelum disentuh oleh pemain lain yang masih berdiri. Tawon yang mengejar pemain, apabila ada pemain yang tersentuh dan tidak sempat jongkok maka otomatis dia menjadi tawon bergantian dengan tawon sebelumnya.

Nilai yang terkandung dalam permainan ini adalah kejujuran, tanggung jawab, disiplin dan sikap sportif. Iswinarti (2017:155) mengatakan manfaat umum dan khusus permainan tawon tawonan: melatih perkembangan motorik, melatih koordinasi anggota tubuh yang bergerak aktif, melatih konsentrasi meningkatkan kreativitas anak dalam menyusun strategi, melatih perkembangan social, perkembangan kepribadian, dan memupuk perkembangan emosi.

Sumber: Pengembangan Model Pembelajaran PJOK Berbasis Permainan Tradisional Untuk Mengembangkan Karakter Jujur Disiplin dan Tanggung Jawab Pada Siswa Sekolah Dasar oleh Septian Fajri Masyhuri, Program Pascasarjana, UNY, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Permainan Demok Dadi

Tue Jul 7 , 2020
Permainan demok dadi Permainan demok dadi, merupakan permainan dimana pemain yang kepegang oleh penjaga akan menggantikannya, dadi (menjadi). Dimainkan dengan satu orang sebagai penjaga. Siapa yang kena oleh penjaga maka dia dadi (gantian menjadi penjaga). Setiap pemain tidak boleh keluar dari lingkaran kecuali yang dadi harus berada diluar lingkaran. Kalau […]