Kampung Wisata Tajur Bojong Purwakarta Jawa Barat (Video)

Kampung Wisata Tajur (http://www.travelklik.com)

Kampung Wisata Tajur lebih dikenal dengan nama Desa Wisata Kampung Tajur terletak di  Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta 41164, Jawa Barat. Kampung Wisata ini dihuni sekitar 634 kepala keluarga ini terletak di lereng Gunung Burangrang, atau berjarak 35 kilometer dari pusat Kota Purwakarta ke arah timur. Desa dengan ketinggian kurang lebih 650 meter di atas permukaan laut (mdpl) membuatnya cukup dingin. Temperatur di desa Wisata Kampung Tajur berkisar antara 17 sampai 20º Celsius.

Kampung Wisata Tajur dikelilingi pepohonan, bukit, hamparan sawah dan areal perkebunan rakyat. Potensi sumber daya alam yang melimpah seperti tanah dan kesuburan air yang melimpah ruah menjadikan seluruh masyarakatnya berprofesi sebagai petani, khususnya warga Kampung Tajur sendiri, aktivitas pertanian dan perkebunan cukup mendominasi dan menjadi pemandangan sehari-hari, di mana pola pertanian yang dikembangkan mereka masih menggunakan cara-cara tradisional ditambah pola hidup pun benar-benar masih tradisional pula.

Kampung Wisata Tajur (https://lifestyle.okezone.com)

Kegiatan

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilaksanakan diantaranya:

  1. Bajak sawah
  2. Tangkap ikan di empang
  3. Tracking
  4. Membuat Ranggap
  5. Daur ulang bungkus kopi menjadi tikar
  6. Membuat camilan tradisional Wajit
  7. Membuat camilan tradisional Rengginan
  8. Membuat camilan tradisional Keripik Singkong/Pisang
  9. Api Unggun
  10. Membuat Gula Aren
  11. Tutunggulan
  12. Kegiatan bersama orang tua asuh

Homestay

Terdapat 42 rumah tradisional Sunda berupa rumah panggung yang biasa dijadikan tempat homestay. Di mana setiap rumah memiliki dua kamar yang bisa digunakan para pengunjung. Masing-masing kamarnya rata-rata berukuran 2×3 meter, jadi bisa ditempati satu sampai dua orang. Pengunjung  bebas memilih rumah mana yang ingin ditempati, selama rumah itu belum ditempati oleh pengunjung lain.

Aksesbilitas

Akses jalan menuju Kampung Wisata Tajur tersebut sudah sangat bagus. Bahkan, pengunjung disuguhi oleh pemandangan yang sangat luar biasa. Hamparan hutan terlihat hijau di kiri kanan jalan. Burung-burung hutan beterbangan dengan liarnya. Pemandangan tersebut tidak akan dijumpai di pusat kota‎.

Dari Jakarta

Untuk mencapai Kampung Tajur, Pasanggrahan, Purwakarta ini membutuhkan waktu kurang lebih 2,5 jam dari Jakarta. Jika menggunakan mobil atau kendaraan pribadi lainnya, kalian bisa akses dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek kemudian menuju ke arah Bandung (Tol Cipularang). Keluar di pintu Tol Jatiluhur, belok ke kanan ambil arah Bandung, sampai pertigaan Sawit Baru dan kemudian belok kiri.

Selanjutnya, ikuti jalan tersebut sampai bertemu dengan gapura dan papan petunjuk Madrasah Aliyah. Kemudian masuk ke jalan tersebut. Pada ujung jalan akan ketemu dengan Kantor Desa Pasanggrahan (kira-kira sejauh 11 Km). Bis-bis berukuran besar hanya dapat sampai di tempat ini. Terahir, masuk ke jalan desa kurang lebih 3 km untuk mencapai Kampung Tajur.

Kampung Tajur
Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta 41164, Jawa Barat
Kontak person: +62 877 7861 4788 (Arif)
Email: kompepar.tajur@gmail.com
IG: https://www.instagram.com/kampungtajur/
Twit: https://twitter.com/kampungtajur

Follow me!

One thought on “Kampung Wisata Tajur Bojong Purwakarta Jawa Barat (Video)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.