Desa Wisata Hanjeli Waluran Kabupaten Sukabumi Jawa Barat

1

Nasi liwet Hanjeli khas Desa Wisata Hanjeli

Desa Wisata Hanjeli terletak di Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kecamatan Waluran Mandiri mempunya luas wilayah 7.528 hekatre. Kecamatan Waluran yang didominasi pegunungan dan kehutanan. Memiliki banyak lahan sawah yang cukup mendominasi dengan luas 2.295 hektare. Serta tanah daratan yang mencapai 3.533 hektare. Dari luas tanah daratan tersebut. 1.700 hektare di anataranya merupakan lahan hutan negara.

Wilayah Kecamatan Waluran merupakan daerah perlintasan pintu masuk ke kawasan Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu (GNCP).

Desa Wisata Hanjeli (https://radarsukabumi.com)

Baca juga: Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat

Tanaman Unggulan

Tanaman Hanjeli atau Jali atau Coix Lacryma-jobi L. (https://jgdjagad.wordpress.com/A)

Komoditas khas Desa Wisata Hanjeli berupa tanaman Hanjeli atau Jali (Coix lacryma-jobi L.) merupakan sejenis tumbuhan biji-bijian (serealia) tropika dari suku padi-padian atau Poaceae. Asalnya adalah Asia Timur dan Malaya namun sekarang telah tersebar ke berbagai penjuru dunia. Beberapa varietas memiliki biji yang dapat dimakan dan dijadikan sumber karbohidrat dan juga obat. Bulir yang masak terbungkus struktur yang keras, berbentuk oval dan berwarna putih.

Pengolah hanjeli menjadi beragam makanan seperti wajit, rengginang, bubur hanjeli, dodol, peuyeum dan tepung hanjeli.

Kegiatan Pirus

Kegiatan Pirus (https://th-th.facebook.com)

Merupakan singkatan dari pipir imah di urus (samping rumah diurus), kegiatan memanfaatkan lahan yang tersedia di samping rumah dan menjadikannya sebagai kebun dengan komoditas sayur dan buah.

Pirus sendiri merupakan upaya masyarakat setempat untuk mewujudkan kemandirian pangan di tengah semakin tingginya pertumbuhan penduduk serta berkurangnya area pertanian.

Saat ini ada beberapa jenis sayuran hidroponik dari media botol bekas atau ember yang sudah mulai bisa dimanfaatkan oleh warga setempat, seperti kangkung, pakcoy, sawi, selada, bayam, tomat, serta beberapa jenis sayuran lainnya.

Kegiatan ini juga terintegrasi dengan program lainnya di bidang edukasi yang menjadi brand bagi desa yang berada di kawasan perbukitan tersebut yaitu Integrated Tourism Farming (ITF).

One thought on “Desa Wisata Hanjeli Waluran Kabupaten Sukabumi Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kampung Wisata Tajur Bojong Purwakarta Jawa Barat (Video)

Sun Jul 19 , 2020
Kampung Wisata Tajur (http://www.travelklik.com) Kampung Wisata Tajur lebih dikenal dengan nama Desa Wisata Kampung Tajur terletak di ┬áDesa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta 41164, Jawa Barat. Kampung Wisata ini dihuni sekitar 634 kepala keluarga ini terletak di lereng Gunung Burangrang, atau berjarak 35 kilometer dari pusat Kota Purwakarta ke arah […]