Desa Wisata Bantaragung Sindangwangi Majalengka Jawa Barat

Persawahan terasering di Desa Wisata Bantaragung

Desa Wisata Bantaragung terletak di  Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Berada di kawasan kaki gunung Ciremai, Taman Nasional Gunung Ciremai, dengan ketinggian 1100 mdpl, wisatawan dapat merasakan sejuknya hawa pegunungan disertai pemandangan luar biasa.

Dengan 1.227 kepala keluarga dan luas wilayah 478 hektare juga memiliki potensi di bidang pertanian, menjadi produsen durian terbesar di Kecamatan Sindangwangi. Tak hanya itu, ada kebun bawang merah seluas 113 hektare yang bisa menghasilkan 500-600 ton setiap kali panen.

Persawahan terasering di Desa Wisata Bantaragung (https://konfirmasitimes.com)

Baca juga: Taman Nasional Gunung Ciremai

Destinasi Wisata

Desa Wisata Bantaragung dikenal mempunyai beberapa destinasi wisata menarik, diantaranya adalah:

Curug Cipeuteuy

Curug Cipeuteuy (https://explorewisata.com)

Terletak di Jalan Dukuh Pasir, Bantaragung, Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Kamu harus tracking untuk mencapainya, selama diperjalanan kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam serta suara burung berkicau yang menenangkan pikiran.

Objek wisata ini merupakan air terjun dengan air yang masih jenih dan segar yang bersumber dari Gunung Ciremay.

Bumi Perkemahan Awi Lega

Bumi Perkemahan Awi Lega (https://explorewisata.com)

Batu Asahan

Batu Asahan (http://ksdae.menlhk.go.id)

Lokasi batu asahan ini berdekatan dengan bumi perkemahan Awi Lega dan Camp Fire Care Bukit Batu Semar. Istilah Batu Asahan menurut bahasa Sunda yaitu batu yang digunakan untuk mengasah atau menajamkan peralatan yang terbuat dari besi seperti Golok, Pisau, Kujang, Anak Panah dan Mata Tombak.

Bukit Batu Semar

Bukit Batu Semar (https://konfirmasitimes.com)

Untuk menuju lokasi wisata ini, anda perlu jalan kaki dan kurang lebih menghabiskan waktu sekitar 15-20 menit dari pertigaan Bumi perkemahan Awilega.

Ditemukan beberapa binatang liar yang berkeliaran disekitar obyek wisata Bukit Batu Semar. Seperti Monyet, Surili (Monyet Ekor Putih), Lutung, jika beruntung ada pula hewan kukang liar.

Puncak Pasir Cariu

Terasering Sawah Ciboer Pass

Persawahan terasering di Ciboer Pass (http://besoksenin.co)

Sejuknya hawa pegunungan dengan pemandangan hamparan sawah yang berundak-undak membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama disana menghabiskan waktu untuk sekedar leyeh-leyeh dan relaksasi otak dan pikiran. Terasering sawah Ciboer Pass jaraknya sekitar 1 KM dari balai desa Bantaragung.

Kawasan ini banyak dikunjungi masyarakat. Terlebih hari libur, kunjungan di destinasi wisata tersebut lebih ramai dibandingkan hari biasa.

Homestay

Di Desa Wisata Bantaragung tersedia sekitar 370 rumah yang dijadikan homestay yang tarifnya sangat ramah di kantong.

Aksesbilitas

Sekitar kurang lebih 45 menit dari pintu tol sumberjaya atau sebelah barat Kota Cirebon. Jika sedang berada di kota cirebon, kurang lebih menempuh 1 jam perjalanan menuju Desa Wisata Bantaragung.

Follow me!

One thought on “Desa Wisata Bantaragung Sindangwangi Majalengka Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.