Wisata Rumah Semut, Ada 1.000 Tower di Merauke Papua

Musamus atau Rumah Semut (https://www.indonesiakaya.com)

Indonesia memiliki satu destinasi wisata unik di Kampung Salor Dua, Distrik Kurik, Merauke, Papua. Di sana terdapat banyak gundukan tanah yang sudah mengeras dengan tinggi sekitar 2 sampai 5 meter.

Dari kejauhan, tampak seperti tower berwarna coklat dan jumlahnya, menurut orang Kampung Salor, mencapai seribu ‘tower’. Gundukan tanah menjulang itu adalah rumah-rumah semut.

Rumah Semut (Musamus)

“Kami sudah meminta mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sini untuk menghitung berapa banyak rumah semut di kampung ini,” kata Kepala Kampung Salor Dua, Tohaman. “Mereka mencatat ada 800 rumah semut. Tapi kami memperkirakan jumlahnya sampai seribu.”

Rumah semut yang dalam bahasa setempat disebut musamus ini, menurut Tohaman, ramai dikunjungi wisatawan saat hari libur dan di akhir pekan. Luas area di mana rumah semut itu berdiri mencapai 29 hektare. Dari jumlah itu, baru sekitar 8 hektare yang dikelola sebagai destinasi wisata.

Musamus atau Rumah Semut (https://www.indonesiakaya.com)

Para wisatawan yang datang umumnya langsung menuju musamus yang paling unik bentuknya. Mereka kemudian mengamati dan berfoto di sana. Jenis semut yang mampu membangun rumah semut seperti ini adalah semut putih atau koloni rayap. Musamus terbuat dari rumput kering dan liur sebagai perekatnya.

Selain musamus, Pemerintah Kampung Salor Dua juga menata Wawan, sebuah kawasan batu milik pemilik ulayat. Kawasan tersebut juga menjadi ikon wisata kampung.

Sumber: tempo

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kawasan Kars Indonesia

Thu Jun 4 , 2020
Peta Kawasan Sebaran Kars di Indonesia (https://rbi.or.id) Kars adalah sebuah bentuk permukaan bumi yang pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup (closed depression), drainase permukaan, dan gua. Daerah ini dibentuk terutama oleh pelarutan batuan, kebanyakan batu gamping. Etimologi Istilah kars (diadaptasi dari bahasa Belanda, karst) yang dikenal di Indonesia diadopsi […]