Sarung Kekinian Karya Deden Siswanto di MUFFEST 2020

Ajang Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020 yang berakhir kemarin, Minggu, 23 Februari 2020 meninggalkan banyak kesan. Berbagai kreasi modest fashion dengan ide-ide segar ditampilkan para desainer.

(https://detik.com)

Salah satu karya kreatif muncul dari desainer Deden Siswanto yang mengolah kain sarung menjadi fashion muslim berkelas dan ramah lingkungan.

Deden mempersembahkan koleksi ‘Dakar’, hasil kolaborasi dengan brand sarung legendaris Gajah Duduk. Bagi kaum pria, sarung telah alat beribadah yang digunakan sehari-hari. Sarung tersebut diolah menjadi koleksi fashion yang terinspirasi dari cara berbusana kaum nomaden di Afrika Barat.

(https://detik.com)

“Saya mengangkat kaum nomaden di Afrika khususnya di Dakar, ibu kota Senegal. Ternyata gaya busananya sama dengan orang Indonesia. Mereka pakai sarung juga dan juga siluetnya longgar. Wanita bisa berpakaian syar’i, pria juga bisa pakai yang longgar seperti ini,” ujar Deden di MUFFEST, Jakarta, Jumat 21 Februari 2020.

(https://detik.com)

Busana pria dibuat lebih fashionable dengan menerapkan teknik styling bertumpuk. ” Kita buat supaya sarung tidak menonjolkan bagian perut agar tidak terlihat buncit. Bentuk siluet longgar, nyaman dipakai dan tidak berbau saat berkeringat,” ujarnya.

Tak hanya 6 busana pria, Deden juga membawa 6 busana wantia dengan memakai bahan sarung yang sama. Di perhelatan ini Deden didukung oleh Asia Pacific Rayon (APR), penyedia bahan serat kain ramah lingkungan.

Busana wanita terdiri atas padu padan gamis bersiluet H-line, outer serta pashmina beraksen layering. Dominasi warna biru, hijau dan cokelat membuat koleksi sangat nyaman untuk dilihat.

Koleksi Deden mengakhiri MUFFEST hari ke-3 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Senayan. Ia berbagi panggung dengan para desainer yang juga tergabung bersama APR diantaranya Bateeq, Rosie Rahmadi, Eugeneffectes dan Syukriah Rusydi.

Sumber: dream

 

 

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.