Negeri diatas Awan Indonesia yang Menawan [2]

1

10. Puncak Bukit Banyon

Bukit Banyon, Trenggalek (https://www.idntimes.com)

Bukit Banyon berada di ketinggian 1.175 mdpl ini memiliki panorama negeri di atas awan yang indah, terletak di Desa Widoro, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Kamu bisa menikmati keindahan hamparan awan putih yang menyelimuti perkampungan dan pegunungan yang ada di wilayah Trenggalek.

Untuk mencapai puncak bukit ini. Dengan sepeda motor kalian bisa mencapai puncak. Namun, kalian harus berhati-hati karena jalan menuju puncak bukit cukup terjal.

11. Puncak Bukit (B) 29

Dari puncak B 29, Lumajang (https://bisniswisata.co.id)

Di puncak B 29 dengan berketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut (mdpl), berada di di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mata para pengunjung dimanjakan pemandangan indah menawan pegunungan Tengger.

Medan yang ditempuh cukup menantang, yaitu melewati jalanan aspal, paving block, dan tanah dengan kemiringan 10 hingga 40 derajat serta beberapa tikungan tajam khas wilayah pegunungan. Di kanan kiri jalanan desa yang lebarnya bervariasi antara satu hingga tiga meter itu adalah ladang sayuran milik warga suku Tengger.

12. Puncak Gunung Batur

Puncak Gunung Batur, Bali (https://www.korinatour.co.id)

Gunung terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali yang memilki ketinggian 1.717 mdpl ini memang salah satu spot yang tepat untuk menikmati lautan awan yang indah. Terlebih lagi dengan ketinggian yang tergolong tidak terlalu tinggi, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk mendakinya.

13. Puncak Bukit Gunung Abang

Bukit Gunung Abang, Bali (https://www.idntimes.com)

Gunung yang terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali ini terletak di sebelah tenggara Gunung Batur dan dibatasi oleh danau terluas di pulau Bali yaitu danau Batur. Gunung ini memiliki ketinggian yang tergolong tinggi bagi pendaki pemula yaitu 2.152 mdpl.

Pendakian gunung ini juga termasuk sulit karena jalur menuju puncak tergolong terjal, tetapi meskipun begitu ketika sampai dipuncak kamu bakal disuguhi pemandangan lautan awan yang luas. Terlebih lagi setelah matahari terbit pemandangan danau batur di bawahnya menambah keindahan dari tempat ini.

14. Puncak Bukit Mantar

Bukit Mantar, Sumbawa Barat, NTB (https://www.tripzilla.id)

Bukit Mantar terletak di Desa Mantar, Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Desa yang berada di ketinggian 600 mdpl ini menyajikan matahari terbit yang akan membuat hatimu bergetar.

Bukit Mantar juga dikenal sebagai titik keberangkatan untuk paralayang. Saat kamu terbang dari Mantar, kamu akan melintasi perbukitan yang hijau dan pantai yang menakjubkan. Tak heran jika Mantar pernah menjadi tuan rumah kompetisi olahraga paralayang tingkat internasional.

15. Puncak Bukit Nanggi

Puncak Bukit Nanggi, Lombok Timur, NTB (https://mobillombok.com)

Bukit Nanggi berlokasi di kawasan timur Geopark National Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Bukit ini merupakan satu dari lima wisata alam berupa bukit di Sembalun yang mencapai ketinggian 2300 mdpl. Selain itu, bukit ini merupakan bukit tertinggi di Sembalun.

Anda dapat menikmati indahnya hamparan awan putih diselimuti warna jingga. Hamparan awan tersebut dapat Anda nikmati lebih cantik saat pagi menjelang matahari terbit.

16. Puncak Bukit Walobobo

Bukit Wolobobo, Flores, NTT (https://www.nativeindonesia.com)

Bukit Wolobobo nan indah ini berlokasi di Desa Turekisa, Kecamatan Gelowa Barat, Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur, dengan ketinggian 1500 mdpl.

Sejauh mata memandang, terlihat hamparan pepohonan hijau berselimut kabut yang kadang tebal, kadang tipis. Kabut-kabut tipis dan tebal itu memayungi ngarai-ngarai dan lembah, membentuk serupa sebuah danau putih yang luas dan dalam.

17. Puncak Ahuawali

Puncak Ahuawali terletak di Desa Ahuawali, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe, Sultra, berada pada ketinggian 750 mdpl. Nama Ahuawali dalam Bahasa Daerah Tolaki yang terdiri dari dua suku kata, yakni Ahua artinya sumur dan Wali yang artinya Jin. Jadi, jika digabungkan Puncak Ahuawali memiliki arti Sumur Jin.

Puncak Ahuawali berada sekitar kurang lebih 65 km dari Ibu Kota Provinsi Sultra, Kota Kendari. Sehingga dapat ditempuh dengan menggunakan roda empat maupun roda dua dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam. Untuk mencapai puncak sendiri, diperlukan waktu selama kurang lebih 30 menit dengan berjalan kaki hingga mencapai puncak.

18. Kampung Lolai

Kampung Lolai, Toraja Utara, Sulawesi Selatan (https://www.idntimes.com)

Kampung Lolai terletak di Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, dengan ketinggian 1300 mdpl.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke tempat ini, kalian harus menempuh waktu selama 12 jam perjalanan darat dari kota Makasar. Namun, lelah dalam perjalanan akan terbayar dengan suguhan panorama yang indah di sekitar Kampung Lolai.

19. Pango-Pango

Dataran Tinggi Pango-Pango, Tana Toraja, Sulawesi Selatan (https://www.liputan6.com)

Merupakan dataran tinggi tempat agrowisata terletak di Kelurahan Pasang, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, dengan ketinggian 1700 mdpl.

Agar bisa melihat lautan awan, pengunjung sebaiknya ke lokasi tersebut saat matahari belum terbit atau pada subuh hari. Selain itu, saat pagi hari biasanya awan bertumpuk menutupi daratan Tana Toraja.

Untuk mencapai puncak Pango-Pango pengunjung harus melewati jalan yang berliku mengular dengan tanjakan yang cukup curam.

Halaman: [1] [2]

One thought on “Negeri diatas Awan Indonesia yang Menawan [2]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wisata Rumah Semut, Ada 1.000 Tower di Merauke Papua

Tue Jun 2 , 2020
Musamus atau Rumah Semut (https://www.indonesiakaya.com) Indonesia memiliki satu destinasi wisata unik di Kampung Salor Dua, Distrik Kurik, Merauke, Papua. Di sana terdapat banyak gundukan tanah yang sudah mengeras dengan tinggi sekitar 2 sampai 5 meter. Dari kejauhan, tampak seperti tower berwarna coklat dan jumlahnya, menurut orang Kampung Salor, mencapai seribu […]