Kain Tenun Songket Lejo Bengkalis Riau

Beragam kain tenun Songket Lejo (https://lenterakehidupankn.blogspot.com)

Kain tenun Songket Bengkalis merupakan salah satu jenis kain tenun yang di produksi sendiri oleh masyarakat setempat salah satunya tenun lejo. Tenun lejo ini juga merupakan dari ciri khas masyarakat melayu yang mana didalam setiap kesempatan selalu di gunakan dalam berbagai upacara seremonial seperti pernikahan, sunatan, penyambutan tamu, dan acara pementasan seni budaya.

Disamping itu juga kain tenun Songket Lejo ini terbuat dari bahan sutera yang berkualitas tinggi dengan di sulam benang emas yang gemerlap keemasan menjadikan kain tenun Songket Lejo Bengkalis ini kelihatan begitu mewah untuk di pakai bagi anda yang pecinta kain tenun khususnya kain Songket Lejo.

Kain tenun Songket Lejo (https://lenterakehidupankn.blogspot.com)

Kain ini  di  produksi  melalui  proses  panjang untuk  menghasilkan  sebuah kain yang bermutu tinggi. Kain lejo ini tidak hanya di jadikan sebagai sarung pelengkap baju kurung bagi laki-laki dan perempuan tetapi bisa di buat menjadi berbagai macam bentuk model pakaian yang kita senangi seperti baju pasangan pengantin atau (papa dan mama), taplak meja, sarung bantal, dan lainnya.

Khusus di Bengkalis, produksi kain ini banyak dijumpai di desa Teluk Latak, desa Sebauk dan sekitarnya. Kain dari olahan warga tersebut sudah dikenal baik dari Provinsi Riau, bahkan negeri tetangga Malaysia. Setiap tamu dari luar daerah, bahkan luar negeri yang datang ke Negeri Junjungan biasanya langsung memesan tenun lejo untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Bengkalis.

Kain tenun Songket Lejo (https://lenterakehidupankn.blogspot.com)

Motif

Motif tenun yang terkenal seperti pucuk rebung, sentorak, siku awan, siku awan bunga, siku keluang, pucuk rebung sirih, pucuk rebung malaya, pucuk rebung nenas, siku keluang es, siku keluang gaji-gaji, anggur pasu, bungo dindit, bungo kaewa, sentorak wajit, bungo raya, bungo ros, sentorak bulu kemojo, sentorak ros, sentorak bungo dindit, akar pucuk rebung, bungo kuda laut, gegiyu kipas, anggur burung dan sebagainya.

Pewarnaan

Proses ini diawali dengan mencelupkan benang mentah (warna putih) yang masih dalam gulungan besar kedalam bak yang sudah berisi larutan warna selama lebih kurang 1 sampai 2 jam, selanjutnya benang tersebut dimasukkan kedalam bak yang berisi air bersih untuk dilakukan proses selanjutnya guna membersihkan partikel warna yang masih melekat, setelah bersih benang tersebut dijemur di bawah panas matahari dan diangin-anginkan yang disebut dengan proses pengeringan, panas matahari memegang peranan yang penting terhadap kualitas benang, jika tidak cukup disinari panas matahari akan menyebabkan benang tersebut mudah luntur dan proses ini memakan waktu
lebih kurang seminggu atau lebih.

Kain tenun Songket Lejo (https://shopee.co.id)

Pengrajin

  • Sentra pengrajin kain Tenun Lejo berada di Jalan Utama, Desa Sebauk, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau
  • Usaha Tenun Putri Mas, Jalan Utama, Desa Sebauk, Telp.: +62 852 6492 7820
  • Desa Bukit Batu, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.