Wisata Belanja di Kota Tegal Jawa Tengah

Kerajinan kerang

Kota Tegal yang pernah disebut sebagai Jepang nya Indonesia, memiliki jumlah IKM (Industri Kecil Menengah) sebanyak 1163 IKM besar dan kecil yang tersebar di 4 (empat) wilayah Kecamatan dan berbagai produksi mulai dari industri logam, kuliner, konveksi, kerajinan tangan, alat olah raga, alat transportasi, fashion dan masih banyak lagi serta menyerap sebesar 6.480 pekerja. Data tersebut diperoleh dari pendataan yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tegal pada Tahun 2013.

Sentra Kerajinan Batik

Beragam motif Batik Kota Tegal (https://www.facebook.com/GriyaBatikTegal)

Kota Tegal yang memiliki sentra industri sandang cukup banyak adalah Kecamatan Tegal Selatan. Di wilayah kecamata tersebut, terdapat 146 IKM sandang dan 82 persennya adalah industri batik. Ada 121 pengrajin batik yang tersebar di Kelurahan Bandung, Kalinyamat Wetan, Keturen, Tunon dan Debong Kidul.

Griya Batik Kota Tegal

Griya Batik Kota Tegal (https://www.google.com/maps)

Terletak di Jl. Teuku Cikditiro No. 161, Kelurahan Bandung, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah merupakan tempat pendidikan dan pelatihan sekaligus sebagai pusat pameran batik Tegalan.

Batik Tegalan Canting Mas

Produk dari Canting Mas Kota Tegal (http://batiktegalancantingemas.blogspot.com)

Merupakan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) para pengrajin Batik Tegalan di Kelurahan Bandung, Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal.

Kerajinan Kerang

Beragam produk Zaky Collection (https://www.vimanews.com)

Salah satu pengrajin kerang yaitu Zaky Collection terletak di Dukuh Kajongan, RT 5/3, Kelurahan Muarareja, Kota Tegal, Jawa Tengah, pengrajin kerang mampu menghasilkan Lampion, Vas Hias, Kalung, Liontin, Asbak, Bros dan beberapa perabot lain.

Keberadaan kerajinan kerang di Dukuh Kajongan sudah ada sejak awal 2016. Mereka mengikuti pelatihan, membentuk kelompok dan memproduksi kerajinan kerang dan memasarkannya.

Komunitas RUTELA (Runtah Tegal Laka-Laka)
Jl. Simpayung Raya No. 2, RT. 05/12, Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah
Website: https://komunitas-daur-ulang-rutela.business.site

Komunitas daur ulang yang sudah berdiri sejak akhir tahun 2017, bergerak dalam bidang pengolahan daur ulang sampah organik dan anorganik. Selain menjual kreasi daur ulang sampah, komunitas RUTELA juga memberikan pelatihan tentang pengolahan sampah.

Aplikasi Temio

Aplikasi PC Temio Online

Aplikasi Temio dirancang untuk memberikan wadah dalam memperkenalkan dan memberikan gambaran tentang produk-produk industri unggulan di Kota Tegal. Selain itu juga sarana memperluas akses pemasaran produk IKM dengan jual beli produk secara online (e-commerce).

Website: https://temio.co.id/web_product

Follow me!

One thought on “Wisata Belanja di Kota Tegal Jawa Tengah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.