Wisata Belanja di Kota Pekalongan Jawa Tengah

1

Produk kreatif dari CV Ridaka

Kota Pekalongan memiliki 634 unit usaha batik dengan daya serap sebanyak 9.992 tenaga kerja dari total 276.158 penduduk. Hal ini memberikan sumbangan yang besar terhadap kemajuan perekonomian di Kota Pekalongan.

Sentra Perdagangan Batik

Batik Kota Pekalongan (https://www.eviindrawanto.com)

Di Kota Pekalongan terdapat 4 lokasi tempat belanja batik yang strategis berikut ini:

International Batik Center (IBC)

Merupakan kawasan sentra belanja batik terpadu yang berada di jalan lintas Pantura, tepatnya di Jl. A. Yani No. 573 Wiradesa, Kota Pekalongan. Di IBC berbagai macam jenis batik ditawarkan, mulai dari atasan, rok, kain, hingga kerajinan tangan batik hasil para perajin lokal. Harga yang ditawarkan pun beragam, dari murah hingga premium.

Pasar Grosir Setono (Setono)

Letaknya di tepi jalan lintas Pantura memudahkan kita menemukan tempat ini. Tepatnya di Jl. Dr. Sutomo No.1 – 2, Karangmalang, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan. Dari kemeja, kain, daster, celana, sampai kerajinan batik pun ada. Pasar ini juga menjual kerajinan tenun ATBM Pekalongan yang terkenal bagus dan murah.

Kampung Batik Kauman

Terletak di Jl. KH Wahid Hasyim Kauman, Gang I/41, Pekalongan, Jawa Tengah. Kampung wisata batik ini juga membuat tak hanya kerajinan batik saja, melainkan beberapa produk accesoris turunannya seperti: tas, sandal, dompet dan accesoris lainnya dengan bahan dan motif batik yang tentunya menawan.

Kampung Batik Pesidon

Jl. Pesindon Raya, Kergon, Kec. Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Di Kampung Batik Pesindon ini, kita dapat menjumpai setidaknya 33 Showroom serta workshop pengrajin batik.

Kerajinan Tenun

Produk Kreatif CV Ridaka (http://tourism.pekalongankota.go.id)

Di Pekalongan sendiri cukup banyak industry rumah tangga  yang masih mengembangkan ATBM, salah satunya yang banyak kita jumpai di Kelurahan Medono, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan dikenal sebagai pusat kerajinan tenun tangan ATBM.

Kain-kain tenun ini diproduksi di rumah-rumah penduduk ataupun rumah produksi dari yang berskala kecil sampai besar.  Sepanjang Jl. Karya Bakti, Kelurahan Medono, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, selain kita temui showroom batik, juga banyak showroom hasil tenun ATBM.

PT Asritex
Jl Karyabakti Gg V No 24, Medono, Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jawa Tengah

Rosa
Jl. Karyabakti 96. Medono, Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jawa Tengah

CV. Ridaka
Pusat Tenun dan Kerajinan Kreatif
Jl. H Agus Salim Gg. 6 No.4, Klego, Pekalongan Timur, Kota Pekalongan

Pengrajin Sampah atau Limbah

Yuli Irawan dengan hasil karyanya (https://www.medianasional.id)

Bermodalkan kreativitas, siapa sangka kain perca batik dan sampah dapat menjadi kerajinan yang menarik dan bernilai. sampah yang kurang berguna dianggap sebagian orang tidak bernilai diubah menjadi aneka kerajinan daur ulang sampah seperti bros, centong, talenan, hiasan dinding, bingkai foto, tas, sepeda mainan, dan lain sebagainya. sejak tahun 2017 Yuli Irawan menekuni kegiatan sebagai pengrajin.

YW Collection
Perumahan Griya Swadaya Asri, Kelurahan Kandang Panjang, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah

Pengrajin Pralon Bakar

Pujo Sunarsono pemilik Puzo’s Art Galery sedang membuat kerajinan dari bahan paralon bakar di galerinya (https://jateng.tribunnews.com)

Pizo’s Art Galery di Jalan Supriyadi Gang 18 No 46, Rt 04 Rw 05, Kelurahan Tirto,  Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan merupakan seorang seniman paralon bakar yang karyanya tembus hingga manca negara.

Produk Pralon Bakar (https://pagarrumahunik.blogspot.com)

Produknya berupa saya kotak tisu, asbak, jam dinding, tempat payung, vas bunga, kursi, meja, cermin, lampu hias, kaligrafi, dan aneka souvenir pernikahan ataupun kerajinan unik dan ekslusif.

Tempat payung dari Pralon bakar (https://pagarrumahunik.blogspot.com)

One thought on “Wisata Belanja di Kota Pekalongan Jawa Tengah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wisata Belanja di Kabupaten Batang Jawa Tengah

Sun May 17 , 2020
Kotak Perhiasan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengakui ekspor yang dihasilkan dari sektor koperasi dan UKM saat ini masih cukup kecil, yakni sebesar 14,5 persen saja. Capaian ini masih cukup kecil apabila dibandingkan dengan negara-negara lainnya di kawasan Asia Tenggara. Sentra Kerajinan Batik Batik Rifaiyah […]