Wisata Belanja di Kabupaten Batang Jawa Tengah

Kotak Perhiasan

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengakui ekspor yang dihasilkan dari sektor koperasi dan UKM saat ini masih cukup kecil, yakni sebesar 14,5 persen saja. Capaian ini masih cukup kecil apabila dibandingkan dengan negara-negara lainnya di kawasan Asia Tenggara.

Sentra Kerajinan Batik

Batik Rifaiyah (https://independensi.com)

Batik Kabupaten Batang disebut Batik Rifaiyah atau Batik Tiga Negeri di Desa Kalipucang Wetan, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Batik Tiga Negeri, memiliki renda di bagian bawah, sebagai pengaruh era kolonial Eropa, lalu warna merah dengan motif Tionghoa pesisir.

Baca juga: Batik Rifaiyah Batang Jawa Tengah

Sentra Kerajinan Kulit

Terletak di Desa Masin, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, tetap bertahan menjadi sentra kerajinan kulit di tengah persaingan industri pabrikan saat ini. Hingga saat ini, di Desa Masin masih terdapat 15 perajin yang tetap bertahan, dari berbagai kerajinan kulit, penyimakan kulit, dan produksi kerupuk kulit. Produknya berupa tas kulit, dompet, ikat pinggang, sepatu, topi, dan lain-lain.

Sentra Kerajinan Tenun

Perajin memproduksi tenun di salah satu sentra Kampung Tenun, Desa Cepagan, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (https://semarang.bisnis.com)

Terletak di Desa Cepagan, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, merupakan sentral industri kreatif alat tenun bukan mesin yang dilakukan secara tradisional dan sudah berlangsung puluhan tahun yang lalu. Para perajin ATBM ini mampu memproduksi 2.000 potong kain ATBM per minggu, berupa sal, pasmina, dan kerudung. Adapun pemasarannya, selain untuk memenuhi permintaan pasar di Pulau Jawa juga dipasarkan ke Bali dan Sulawesi.

Juga terdapat di Desa Jrakahpayung, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, dulu di sini sempat menjadi sentra tenun di Batang, dari satu RT sekarang hanya masih tersisa belasan penenun saja.

Sentra Kerajinan Kotak Perhiasan

Kotak Perhiasan made in Batang (https://www.inibaru.id)

Terletak di Desa Keborangan, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Meski sebagian besar warga Keborangan bekerja sebagai petani, tak disangka terdapat Kelompok Usaha Bersama (KUB), beranggotakan 13 orang, dengan usaha pembuatan kotak perhiasan dengan merek Seruni yang sudah berjalan selama sepuluh tahun.

Pemasaran ke Jakarta, Semarang, Pekalongan dengan omset satu bulan mencapai Rp.15 juta, dengan harga jualnya satu lusin mencapai Rp.45 ribu hingga Rp.55 ribu untuk pemasaran kami masih secara online.

Pengrajin Limbah Kayu Jati

Tas limbah kayu jati merek BJO (https://radarpekalongan.co.id)

Limbah kayu jati bekas industri mebel yang dimanfaatkan untuk dijadikan aneka kerajinan oleh warga Desa Boja, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, Jawa Tengah menghasilkan sandal dan tas dengan merek BJO, mampu menembus pasar mancanegara karena memiliki keunikan yang menarik dan layak jual.

Pengrajin Kapal Kayu

 

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.