Perhiasan Tradisional Riau

Perhiasan Pengantin Pria

Di daerah ini dulu pemah berdiri kerajaan Sriwijaya pada masa Hindu dan kerajaan Siak Sri Indrapura pada masa Islam. Kerajaan-kerajaan ini banyak meninggalkan warisan budaya berupa pakaian dan perhiasan yang menarik dan mengagumkan.Adapun pakaian dan pelengkapnya berupa perhiasan tradisional yang biasa digunakan untuk upacara adat perkawinan.

Pengantin Pria

Aksesoris pria tidak serumit aksesoris yang dikenakan mempelai wanita, pria justru terkesan simpel tapi tetap menunjukan khas pengantin pria asal Melayu Riau. Diantaranya, duku papan, yang dikalungkan dileher. Bagian pinggang disematkan pending beserta keris. Sebagai ciri yang menandakan pengantin pria asal Melayu Riau saat dikenakan topi Tanjak yang merupakan topi kebesaran mempelai Riau saat bersanding di pelaminan.

Pengantin Wanita

Sunting pengantin wanita Riau memiliki bentuk kembang cina. Konon, sunting inilah yang menjadi kekhasan dari pengantin Riau. Jumlahnya ada tujuh dan disematkan pada sanggul lintang yang telah ditutupi jilbab.

Sebagai penghias kening pengantin, ada dua cara yang bisa dipakai. Pertama, pekakas andan. Terbuat dari beludru berwarna hitam bertaburan manik-manik berwarna-warni, biasa disebut sebagai Mahkota. Kedua, sejenis sunting namun bentuknya sudah dironce. Menambah meriah disematkan jurai pada bagian telinga kiri dan kanan. Anting-anting berwana emas aplikasi permata merah jambu nan mengkilau. Sementara aksesoris pada bagian pundak disematkan sebai (kain yang melintang). Bagian leher memakai kalung duku papan, dilengkapi jua dengan pending (ikat pinggang) dan gelang tangan.

Sumber: e-Book, Bahan Perkuliahan Busana Pengantin (BU 474) Busana Pengantin Riau, Disusun Oleh Mila Karmila, S.Pd, M.Ds, NIP. 19720712 200112 2 001, Prodi Pendidikan Tata Busana, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga,Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), 2010

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.