Perhiasan Batu Satam Bangka Belitung

Kerajinan Batu Satam berupa cincin

Nama satam diambil dari kata sa yang berarti pasir dan tam yang berarti empedu. Jika digabung batu satam berarti empedu pasir.

Menurut cerita, konon batu satam merupakan pecahan meteor yang jatuh ke bumi. Meteor jatuh ke Pulau Bangka Belitung yang mengandung timah tinggi. Serpihan meteor tersebut juga tersebar ke berbagai negara antara lain Arab, Australia, dan Cekoslovakia. Di Pulau Bangka Belitung meteor ini bertabrakan dengan timah dan bereaksi. Proses inilah yang membentuk batu satam yang kini dimanfaatkan untuk membuat perhiasan dari batu satam Bangka.

Liontin Batu Satam (https://shopee.co.id)

Batu satam berwarna hitam dan memiliki guratan yang khas. Batu ini pertama kali ditemukan pada tahun 1973 di Pulau Belitung, tepatnya di Desa Buding, Kecamatan Kelapa Kampit. Seorang penambang timah beretnis Cina secara tidak sengaja menemukan batu ini di area penambangan timah pada kedalaman 50 meter. Nama satam diambil dari kata sa yang berarti pasir dan tam yang berarti empedu. Jika digabung batu satam berarti empedu pasir.

Batu satam memiliki ciri khas berwarna hitam pekat dan memiliki guratan yang khas. Guratan ini terukir secara alami dari gesekan arus air di bawah tanah. Batu ini menjadi ikon kota Tanjung Pandan hingga dibangun replika batu satam di atas monumen lima pilar di pusat kota Tanjung Pandan.

Cek Keaslian Batu Satam

Pusat pengrajin batu satam terletak di Pangkal Lalang, Tanjung Pandan, Belitung. Pengrajin batu satam ini biasanya mendapatkan batu satam dari para penambang timah. Harganya pun bervariasi tergantung ukuran. Batu satam biasanya dibuat menjadi perhiasan seperti kalung, gelang, dan cincin. Tekstur asli batu satam mempunyai permukaan yang kasar dan berwarna hitam. Batu ini kemudian diolah melalui beberapa tahapan sehingga menjadi seperti batu kaca hitam. Batu yang telah diolah inilah yang dibuat menjadi perhiasan.

Batu satam juga bisa dibentuk menjadi liontin untuk kalung. Bisa juga dibuat menjadi sejenis akik untuk cincin, gelang, dan tasbih. Batu satam yang sudah dibentuk juga bisa diikat pada perhiasan dari emas atau perak. Tidak semua tempat bisa mengikatkan batu satam sehingga sebaiknya kamu membeli batu satam yang sudah diikat pada perhiasan.

Jika Sobat Pesona ingin membeli perhiasan dari batu satam Bangka, hati-hati saat memilihnya. Banyak yang menjual batu satam palsu. Batu satam mempunyai tekstur guratan, batu yang permukaannya licin mempunyai harga jual yang lebih rendah. Selain itu, semakin pekat warna hitamnya, makin baik kualitas batu satam. Saat disinari dengan senter, akan berwarna hijau seperti cincau. Jangan tergoda ukuran, batu satam paling besar hanya 15 cm, itupun jarang. Jadi jika ada yang menjual dengan ukuran lebih besar, Sobat Pesona patut curiga akan keasilannya.

Sumber: pesona.travel

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.