Kain Tenun Jembrana Bali

Beragam kain tenun Jembrana (https://radarbali.jawapos.com)

Bagi masyarakat Bali, kain baik yang ditenun atau tidak merupakan salah satu bagian penting dalam banyak kegiatan upacara adat, upacara keagamaan, ataupun perayaan-perayaan lainnya.

Karena sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat Bali, maka sentra kerajinan kain tenun banyak tersebar di pelbagai daerah di provinsi tersebut.

Teknik

Pembuatan kain tenun di Jembrana dilakukan melalui sejumlah teknik seperti tenun songket, tenun ikat dan tenun cag-cag.

Teknik tenun songket adalah teknik tenun dengan cara memadukan tenunan dan sulaman pada kain yang akan diberikan motif dengan menggunakan benang emas, sutra atau perak.

Yang dimaksud dengan tenun ikat adalah tenik menenun dengan cara mengikat bebang dengan pola-pola tertentu untuk membuat motif tenun. Teknik tenun ikat dibagi lagi menjadi dua bagian, yakni tenun ikat pakan dan tenun ikat lungsi.

Teknik tenun ikat pakan adalah sebuah teknik tenun dengan membuat motif atau pola mengikat dengan arah horizontal. Sedangkan yang dimaksud dengan teknik tenun ikat lungsi adalah teknik tenun ikat dengan membuat motif atau pola mengikat dengan arah vertikal.

Sedangkan tenun cag-cag adalah alat tenun tradisional yang biasanya digunakan untuk menenun di Jembrana, tak beda jauh dengan daerah lainnya.

Motif

Motif-motif yang banyak digunakan pada kain tenun asal Jembrana adalah berkaitan dengan flora dan fauna dan kondisi alam. Misalnya saja motif flora terdiri atas motif mangga dan bunga-bunga.Untuk kondisi alam motif yang banyak dipakai adalah bulan bintang.

Sementara untuk motif fauna, motif yang banyak dipakai adalah hewan-hewan yang dilindungi di Bali, seperti jalak Bali, kerbau, menjangan dan lainnya.

Warna

Kain tenun Jembrana juga ditandai dengan warnanya yang berani, menyala dan kontras atau tidak padu. Warna yang ada pada kain tenun Jembrana menunjukkan keceriaan, optimisme, dan keberagamanan masyarakat di wilayah itu.

Kain tenun Jembrana telah membuat kain tenun tersebut tidak hanya digunakan sebagai busana untuk acara agama dan budaya saja. Kain tenun Jembrana kini juga sering digunakan sebagai mode fashion untuk bahan pembuat jas, gaun, tas dan acara resmi negara atau daerah.

Kelompok Tenun Putri Mas
CP : I Ketut Widiadnyana
Workshop : Jl, Cendrawasih Nomor 3, Negara, Bali
Telp : (62) 365 4119

Sumber: Kina (Karya Indonesia), Media Ekuitas Produk Indonesia, Edisi 02-2017

Follow me!

One thought on “Kain Tenun Jembrana Bali

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.