Kain Tapis Krui Pesisir Barat Lampung

Kain Tapis Krui Pesisir Barat (http://tapisjakarta.blogspot.com)

Ragam budaya tiap daerah di Lampung banyak melahirkan bermacam-macam jenis kerajinan yang merupakan hasil karya cipta dengan mengambil filosofi budaya daerahnya.  Kearifan lokal semacam ini yang melandasi munculnya aneka kerajinan tapis yang bernafaskan budaya lampung.

Tapis yang diproduksi masyarakat Pesisir Barat (Pesibar)  secara manual, mempunyai beragam karakteristik dengan desain yang menarik serta nilai seni yang sangat tinggi, dikarenakan metode pengerjaan dan teknik menyulam dengan tingkat kerumitan yang sangat tinggi.

Kain Tapis Krui Ayat Kursi (http://rumahtapis.blogspot.com)

Motif

Kain Tapis Krui (https://gramho.com)

Motif Tapis Krui yang memiliki ciri khas dengan keunikan motif diantaranya pucuk rebung, ketupat, inuh, cucuk andak, gunung bertali, dan juga tanjung lampu.

Dan juga dikembangkan teknik Tekat merupakan teknik menyusun atau mengaitkan benang emas pas dengan benang penyawat atau benang sulaman. Beberapa motif tekat yaitu yakni tekat sporadis (gunung letak ketik), tekat buku-buku (tekat sesiku), tekat mata pete, tekat sayak telanai (tekat ketupat), dan tekat awan bejumpu (awan bejumpu), hanya dapat ditemui pengrajinnya di Desa labuan, Kecamatan Pulau Pisang.

Pengembangan

Tas Wanita dari Kain Tapis Krui (https://gramho.com)

Jika dulunya tapis hanya digunakan sebagai sarung atau selendang saja, diera kini semakin bisa dikreasikan dengan aneka busana dan aksesoris, seperti  tas, dompet, dan benda lainnya. Untuk kain atau selendan  biasa digunakan pada acara adat dan juga acara formal yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp2,8 juta hingga Rp5 juta tergantung dari benang dan tingkat kesulitan tekat yang dirajut.

Kecamatan Karya Penggawa, pengrajin  sulam emas tapis juga bisa ditemukan di Pulau Pisang,  Pesisir Barat. Pengrajin tapis salah satunya ada di Pekon Kampung Jawa, Pesisir Barat. Mereka membuat tapis dari tenun benang kapas dengan motif atau hiasan bahan sudi, benang perak atau benang emas dengan sistem sulam.

Pengrajin

Saat ini pengrajin Tapis Krui berjumlah 47 pengrajin, tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Pesisir Barat.

  • Desa Labuhan, Kecamatan Pulau Pisang, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung.
  • Pekon Kampung Jawa, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung.
  • Kecamatan Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung.

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.