Camilan Khas Sleman DI Yogyakarta

Keripik Belut

Kekayaan kuliner di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang beragam menjadi potensi pariwisata di wilayah setempat, merupakan hasil kreatifitas masyarakat Sleman selama bertahun-tahun memanfaatkan potensi yang ada di sekelilingnya.

Panda rumput laut

Panda rumput laut

Merupakan camilan ringat berbahan dasar rumput laut jenis porpyra tersebut merupakaan rumput laut pilihan dan diolah dengan dapur yang modern hingga mampu menghasilkan rumput laut yang renyah dan hegeinis. Produk Panda Food berupa Panda Rumput Laut Seaweed Chips Barbeque (rasa Barbeque), Panda Rumput Laut Spicy (rasa pedas) dan Panda Rumput Laut Seaweed Chips Original.

Produk Panda Food Sleman Yogyakarta (https://id-id.facebook.com)

Produk Panda Food diproduksi di Griya Palem Indah, Jl Kaliurang Km. 7, Sleman, DI Jogjakarta atau di semua gerai Mirota Supermarket di DIY.

Dhodhol Salak Pondoh

Dodol Salak (http://www.agrowindo.com/)

Camilan kreasi baru dari para petani salak Pondoh di Kabupaten Sleman. Makanan ini dibuat ketika stok salak pondoh melimpah saat panen raya hingga harga salak anjlok. Salak pondoh tidak tahan lama, hanya satu minggu, kemudian dibuat dodol aja agar tahan lama.

Keripik Salak Pondoh

Keripik Salak produk Khatulistiwa (http://yogyakeripik.com)

Merupakan camilan berbahan dasar Salak Pondoh Sleman. Pengolahannya pun alami yakni buah segar dikeringkan selanjutnya digoreng dengan minyak tanpa menggunakan bahan pengawet. Setelah dikemas buah kering mampu bertahan hingga satu tahun.

Keripik Salak Pondoh asli buatan Sleman yaitu Khatulistiwa, Cristal dan Kharisma didapatkan di Toko-toko Oleh-Oleh di Sleman maupun di Yogyakarta.

Slondok renteng

Slondok Renteng (https://shopee.co.id)

Merupakan camilan berbahan dasar singkong, dibumbui bawang putih dan garam, tanpa ada penyedap rasa. Untuk mengawetkan jajanan ini dibutuhkan sinar matahari panas. Dijemur sampai benar- benar kering, baru dipelintir- pelintir sampai membentuk cincin, lalu dikemas dan digoreng.

Usaha ini yang sebenarnya sudah ada sejak tahun 1960. Waktu itu masih dikerjakan oleh kakeknya, kini mulai gencar dipasarkan kembali oleh sang generai ketiga. Dialah Purwanto yang memasarkan kembali slondok renteng itu kembali.

Untuk mendapatkan Slondhok renteng di Pengrajin Slondhok renteng Bp. Purwanto, Boyong, RT 01/10, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY atau Toko-toko Oleh-Oleh di Sleman maupun di Yogyakarta.

Jadah tempe

Jadah Tempe atau Sandwich Ndeso (Istimewa)

Merupakan camilan khas Yogya asal Kaliurang, Kabupaten Sleman ini sering disebut sebagai Sandwich Ndeso, terdiri dari jadah dan Tempe. Jadah yang merupakan makanan yang terbuat dari ketan ini biasanya di campuran parutan kelapa yang menimbulkan rasa gurih di lidah. Sedangkan pasangannya, Tempe yang diolah dengan cara dibacem memiliki rasa yang manis. Sebuah kombinasi yang nikmat jika disantap bersama-sama. Akan lebih nikmat jika keduanya di temani cabe rawit. Jadi rasa makanan ini kombinasi gurih dengan manis plus rasa pedas cabe rawit.

Kue Legondo

Kue Legondo (http://www.masakandapurku.com)

Merupakan kue tradisional yang terbuat dari bahan dasar beras ketan putih dengan santan dengan isian pisang raja kukus, juga dipadukan dengan berbagai jenis bahan pelengkap lainnya.

Legondo atau legondho merupakan kependekan dari leganing kondho yang dalam bahasa Indonesia bisa diartikan enaknya omongan. Mungkin kue ini dulu dicicipi satu orang dan disebar-sebarkan pada orang lain karena kelezatannya sehingga terbentuklah nama legondo itu.

Keripik belut

Keripik Belut

Merupakan camilan khas Godean, Kabupaten Sleman. Belut merupakan binatang yang kecil panjang sejak dulu banyak didapatkan dari area persawahan sekitar Yogyakarta dan Klaten. Konon belut sawah lebh disukai karena rasanya lebih gurih dan organik. Karena hidup di irigasi sawah yang tak terkena pupuk. Belut dibalut tepung yang telah dibumbui kemudian digoreng kering.

Pusat Kuliner Belut Godean Sleman

Untuk mendapatkan Keripik belut sekarang lebih mudah, silahkan datang ke Pusat Kuliner Belut Godean Sleman di Jl. Godean Km. 10, Sleman, DIY, dari Tugu Simbol Yogya ke arah barat.

Wedang Gedang

Wedang gedang (https://jogja.idntimes.com)

Merupakan minuman perpaduan hangat dari jahe rempah, dan rasa dan aroma pisang yang khas. Rasanya menyatu dan pas antara aroma jahe dan pisang. ┬áJahe sedap hangat dan pisang harum… ehmm. Minuman ini banyak ditemui di daerah Kaliurang atau di sekitaran kaki Gunung Merapi, Sleman, Yogyakarta.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Sekarang semua Sadar bahwa Pariwisata adalah Tulang Punggung Ekonomi

Mon Jun 1 , 2020
Destinasi Wisata Pantai Selatan Lombok (https://www.genpilomboksumbawa.com) Ahli pemasaran Hermawan Kartajaya menyampaikan prediksi tentang industri pariwisata seusai wabah corona. Founder and Chairman MarkPlus Inc., Hermawan Kartajaya mengatakan saat ini sektor pariwisata yang paling terdampak pandemi dan berimbas ke sektor lain. “Sekarang semua sadar, ketika pariwisata setop, ekonomi juga setop,” kata Hermawan […]