Batik Motif Alas-Alasan

1

Motif Alas-alasan

Alas-alasan berati hutan-hutanan atau seperti hutan. Pada pola ini terdapat banyak motif binatang, mulai dari yang sangat besar yaitu gajah sampai dengan serangga, binatang yang sangat kecil. Pola ini benar-benar kuno, sangat indah dan berisi pelajaran yang penting sekali bagi kita semua. Sayang bahwa pola ini tidak begitu dikenal oleh generasi muda sekarang, pada hal pola ini mengandung ajaran yang berharga, yang berlaku untuk selamanya. Bila kita amati pola ini dan kita hubungkan dengan namanya, kita segera tahu bahwa pola tersebut menggambarkan masyarakat hutan dengan segala macam huniannya.

Motif Alas-alasan

Alas-alasan ini melambangkan keadaan pada masyarakat kita yang penuh dengan manusia yang pada hakikatnya memiliki sifat-sifat yang sama dengan masyarakat penghuni hutan. Bedanya adalah bahwa penghuni hutan tidak dapat menyamai manusia, sedangkan masyarakat manusia mungkin saja menyamai binatang dalam hal perilakunya, bahkan dapat melebihinya. Pelajaran yang dapat kita ambil dari pola ini ialah bahwa diperlukan sikap arif dan bijaksana untuk dapat hidup dengan tenang, aman dan bahagia di dalam masyarakat yang penuh dengan berbagai tantangan.

Motif Alas-alasan

One thought on “Batik Motif Alas-Alasan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Batik Motif Bondhet

Tue May 5 , 2020
Banyak di antara kita mencari asal kata bondhet dari kata bundhet yang mengandung arti terjalinnya dua unsur menjadi satu demikian eratnya sehingga sulit dilepaskan kembali. Dari segi motif, dalam pola ini terdapat sejenis makhluk khayalan di antara motif-motif utamanya, yaitu seekor burung yang berkepala naga. Menurut saya, motif tersebut melambangkan […]