Batik Kutai Timur Kalimantan Timur

Batik Kutai Timur dengan beragam motif (https://kutaitimur.merdeka.com)

Kutai Timur (Kutim) ber ibu kotanya di Sangatta ini memiliki batik Wakaroros. Seperti dilansir dari berbagai media, batik bumi Kutai Timur telah dipamerkan dalam ajang Indonesia Fashion Week 2019 dan New York Fashion Week Amerika Serikat 2019.

Baca juga: Lia Afif Mengusung Batik Kutai Timur di IFW 2019

Motif dan Warna

Motif Wakaroros (https://gramho.com)

Motif Wakaroros, terinspirasi dari sejumlah etnis Dayak, seperti Kenyah, Basap dan sebagainya berupa  buah manggis, kayu ulin, motif pakis, kelubut, burung mbui, dan beringin duduk. Merupakan salah satu jenis batik tulis modern hasil kreasi Marsiah dan anak didiknya yang berasal dari Desa Manunggal Jaya, Kecamatan  Rantau Pulung, Kabupaten Kutai Timur, pewarnaan yang digunakan menggunakan bahan alami yakni menggunakan getah kayu ulin.

Motif Wakaroros (https://www.facebook.com/Batik.Olsabara)

Motif Telapak Tangan ini simbol dari Karst Mangkalihat. Menurutnya batik tersebut mengibaratkan jejak telapak tangan peninggalan sejarah tertua yang berada di Goa Karst Sangkulirang, hasil kreasi Masniar Donggo, pemilik Sanggar Batik Galuh Kartini di Sangatta.

Motif Telapak Tangan (https://www.facebook.com/Batik.Olsabara)

Motif Ulin, memiliki corak warna yang identik dengan warna hitam dan coklat dengan hiasan bergambar akar Roros di tengah kain, sehingga membuat batik Ulin terlihat cantik dan kalem.

Motif Batik Kutim yang lainnya yaitu pakis, akaroros (akar jatuh), paku, anggrek hitam, kelubut, burung enggang, burung mbui, dan beringin duduk.

Pengrajin

Pengrajin Batik motif Wakaroros berada di Desa Manunggal Jaya, Kecamatan  Rantau Pulung dan Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Ranpul, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur.

Pengrajin Batik Kutai Timur lainnya berada di Lamin Etam, Taman Venus, Kawasan Bukit Pelangi, Sangatta (Workshop Maju Bersama kawasan Kabo Jaya, Kecamatan  Sangatta Utara), Kabupaten Kutai Timur.

Follow me!

One thought on “Batik Kutai Timur Kalimantan Timur

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.