Batik Kutai Barat Kalimantan Timur

Batik Kutai Barat

Setelah satu dekade, Batik makin mempesona. Kini batik bukan sekedar budaya, tetapi sudah menjelma menjadi bisnis yang berkelas dunia. Bersamaan dengan itu pemerintah juga terus memperkenalkan ciri khas daerah ke dalam birokrasi. Salah satunya mewajibkan aparatur sipil negara (ASN) mengenakan pakaian bernuansa lokal. Tak terkecuali di kabupaten Kutai Barat (Kubar) Kalimantan Timur.

Motif

Batik Kutai Barat

Batik Kutai Barat mempunya beberapa jenis motif, diantaranya Tumang, Moring, Macan Dahan, Takaq dan beberapa jenis lainnya.

Motif Tumang itu singkatan dari Tumpar Anggrek. Tumpar memiliki motif ayam yang melambangkan kehidupan. Sedangkan anggrek hitam merupakan maskot Kubar yang melambangkan keindahan alam. Kolaborasi Tumpar dan Anggrek dengan  warna-warni cerah jadi ciri khas  utama Batik Tumang. Tumang diakui melambangkan kehidupan, keindahan, dan keharmonisan masyarakat Kubar.

Motif Moring ini singkatan dari Mona Ringeng. Jadi Mona itu cerita heroik masyarakat kubar yang menggambarkan lelaki yang sangat tampan, arif dan bijaksana. Sedangkan Ringeng merupakan cerita legenda seorang gadis yang cantik jelita dan punya kepribadian yang baik sama dengan Mona.  Kalau kita pake batik ini menggambarkan kebijaksanaan dan keharmonisan.

Motif Takaq, menggambarkan kekayaan dan kearifan lokal suku dayak Tonyoi Benaq.

Motif Macan Dahan, ini keberadaannya sekarang terancam punah sehingga masuk dalam kategori hewan langka yang dilindungi dunia. Ini sudah jadi perhatian Pemerintah Kabupaten Kutai Barat sehingga wajar kalau batik juga kita kasi naman itu. Sekaligus mensosialisasi agar masyarakat menjaga kelestariannya. Macan sendiri melambangkan kekuatan sekaligus pelindung dalam menjaga keutuahan warga di tengah kehidupan sosial.

Batik Kutai Barat

Pengrajin

Mayoritas pengrajin Batik Kukar berada di Kecamatan Jempang, Desa Tanjung Isui dan beberapa di Desa Linggang Bigung.

Sumber: RRI

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.