TWA Telaga Warna Bogor – Cianjur Jawa Barat

TWA Telaga Warna (https://bisniswisata.co.id)

Taman Wisata Alam (TWA) Telaga Warna termasuk tiga desa, yaitu Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor dan Desa Ciloto serta Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, dibawah pengawasan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat.

TWA Telaga Warna yang terletak di sekitar Puncak dan tidak jauh dari jalan raya Bogor -Cianjur memiliki pemadangan alamyang indah dengan udara yang sejuk. Di samping itu juga terdapat danau alam dengan kondisi alamnya yang relatif masih utuh merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Di TWA Telaga Warna juga terdapat obyek wisata budaya berupa makam keramat yang sering dikunjungi para peziarah.

Sejarah

Foto pra wedding di TWA Telaga Warna (https://www.tempatwisatamu.com)

Cagar Alam Telaga Warna Berdasarkan GB No. 26 Tanggal 07 Juli 1927 dan GB No. 14Tanggal 19 November 1927, bahwa kelompok hutan Gunung Megamendung, GunungHambalang dan Ciawitali ditunjuk sebagai kawasan hutan.

Kawasan hutan Telaga Warna ditunjuk sebagai cagar alam dengan Keputusan Menteri Pertanian No. 131/Um/1954 tanggal 6 Desember 1954 seluas 23,5 Ha dan selanjutnya diperluas dengan dikeluarkannya Keputusan Menteri Pertanian No. 394/Kpts/Um/6/1979 tgl 23 Juni 1979 dengan luas 350 Ha sehingga luas CA menjadi 373,25 Ha. BerdasarkanSK Menteri Pertanian No. 481/Kpts/Um/6/1981 tanggal9 Juni 1981 sebagian luas CA dirubah statusnyamenjadi Taman Wisata Alam seluas 5 Ha, sehingga luas CA menjadi 368,25 Ha.

TWA Telaga Warna (https://travelspromo.com)

Flora

Saninten (Castanea ergentea), Puspa (Schima wallici), Pasang (Quercus sp.), Huru (Litsea sp) dan Beleketebe (Sloanea sigun). Di kawasan ini terdapat beberapa jenis tumbuhan yang sudahlangka dan dilindungi Undang-undang seperti Kantung Semar (Nepenthes gymnamphora), Kiaksara (Macodes petola), Perut (Balanophora spp.).

Fauna

Mamalia

Kera Ekor Panjang (Macaca fascicularis), Lutung (Trachypitechus auratus), Surili (Presbytis commate), Owa (Hylobatyhes moloch), Macan Tutul (Panthera pardus), Kijang (Muntiacus muncak), Landak (Hystrix javanica), Trenggiling (Manis Javanicus).Ditemukannya spesies baru, yaitu Lutung yang berbulu Orange kemerah-merahan (Trachypitechus auratus auratus).

Aves

Cakakak (Alcedo manintin), Manintin (Enicurus lechnaultii), Elang Jawa (Spizaitus bartelsii), Alap-alap (Falco sp.), Burung Hantu (Tito alba), Burung Kuda (Garulax rufifon).

Amfibia

Kodok Asia (Bufo asper), Megophys montana, Rana hosii, Rhacophorus reinwardtii, Fejervarya cacrivora, Rana calconata

Potensi Wisata

TWA Telaga Warna yang terletak di sekitar Puncak dan tidak jauh dari jalan raya Bogor -Cianjur memiliki pemadangan alamyang indah dengan udara yang sejuk. Di samping itu juga terdapat danau alam dengan kondisi alamnya yang relatif masih utuh merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Di TWA Telaga Warna juga terdapat obyek wisata budaya berupa makam keramat yang sering dikunjungi para peziarah.

Aktivitas

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan antara lain menikmati panorama dan keindahan alam, fotografi, pengamatan burung dan lintas alam. Fasilitas yang telah tersedia bagi wisatawan antara lain pusat informasi, jalan setapak, MCK, Shelter dan Pos Jaga.Aksesibilitas :Perjalanan untuk mencapai CA/TWA Telaga Warna relatif mudah karena letaknya di samping jalan raya Puncak, dari Bogor ke arah Cianjur (± 30 Km) atau dari Cianjur menuju arah ke Bogor (± 20 Km) dengan kondisi jalan yang cukup baik dan dapat ditempuh dengan semua jenis kendaraan.

Aksesibitas

Perjalanan untuk mencapai TWA Telaga Warna relatif mudah karena letaknya di samping jalan raya Puncak, dari Bogor ke arah Cianjur (± 30 Km) atau dari Cianjur menuju arah ke Bogor (± 20 Km) dengan kondisi jalan yang cukup baik dan dapat ditempuh dengan semua jenis kendaraan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

TWA Telaga Patengan Rancabali Kabupaten Bandung Jawa Barat

Mon Apr 13 , 2020
TWA Telaga Patengan (https://helpmerhondadotcom.wordpress.com) Taman Wisata Alam (TWA) Telaga Patengan terletak di Desa Patengan, Kecamatan Rancasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dibawah unit pelaksana teknis Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat. Terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotik. Situ […]