Museum Bank Mandiri Taman Sari Jakarta Barat

Museum Bank Mandiri (https://ihategreenjello.com)

Museum Bank Mandiri terletak di Jl. Lapangan Stasiun No. 1, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Museum Bank Mandiri berseberangan dengan Stasiun Kota. Bangunan museum pada mulanya adalah kantor Nederlandsch Handel-Maatschappij (NHM) atau Netherlands Trading Corporation alias Maskapai Dagang Belanda. Kantor pusat NHM berada di Amsterdam, sedangkan Batavia (Jakarta) adalah kantor cabang.

Sejarah

Museum Bank Mandiri (https://dapobud.kemdikbud.go.id)

Bangunan menghadap ke Timur yang masih begitu mentereng ini diramu oleh arsitek NHM, J.J.J. de Bruyn bekerja sama dengan arsitek Belanda lainnya, A.P. Smits dan C. van de Linde yang keduanya bekerja pada biro arsitek Hulswit, Fermont and Ed. Cuipers, dibangun pada tahun 1929.

Museum yang menempati area seluas 10.039 m2, ini pada awalnya adalah gedung Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) atau Factorji Batavia yang merupakan perusahaan dagang milik Belanda yang kemudian berkembang menjadi perusahaan di bidang perbankan.

Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) dinasionalisasi pada tahun 1960 menjadi salah satu gedung kantor Bank Koperasi Tani & Nelayan (BKTN) Urusan Ekspor Impor. Kemudian bersamaan dengan lahirnya Bank Ekspor Impor Indonesia (BankExim) pada 31 Desember 1968, gedung tersebut pun beralih menjadi kantor pusat Bank Export import (Bank Exim), hingga akhirnya legal merger Bank Exim bersama Bank Dagang Negara (BDN), Bank Bumi Daya (BBD) dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) ke dalam Bank Mandiri (1999), maka gedung tersebut pun menjadi asset Bank Mandiri.

Koleksi

Ruang Kasir China (https://www.sovialida.com)

Ruang pameran Museum Mandiri terletak di tiga lantai. Lantai Dasar terdiri dari Ruang Treasury (Kas Afdeeling), Ruang Pembukuan (kamar khusus untuk buku besar), Ruang Kasir China (Chineesche Kas). Di sayap selatan terdapat Ruang Perlengkapan Bank, Ruang Kearsipan dan Komunikasi, Ruang ATM. Ruang Kearsipan dulunya merupakan kantor budidaya gula yang cukup sibuk.

ATM jaman dulu (https://www.sovialida.com)

Di lantai satu, disini terdapat seperangkat meja dan kursi untuk keperluan rapat, sedangkan dinding dihiasi foto orang-orang penting dunia perbankan Indonesia.

Ruang pameran lain di lantai dua adalah Ruang Foto Direktur, Ruang Makan Direktur, Ruang Presiden Direktur, Ruang Numismatika. Di sayap selatan terdapat Ruang Mandiri Club, Ruang Piala, Ruang Kepegawaian, Ruang Security dan Rumah Tangga, Perpustakaan.

MUSEUM MANDIRI

Jl. Lapangan Stasiun No. 1, Kelurahan Pinang Sia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta.
Telp. 021 690 2000
Fax. 021 690 0993

Jam Kunjungan:
Selasa-Minggu 09.00-16.00
Senin dan hari libur nasional tutup

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.