Museum Bank Indonesia Taman Sari Jakarta Barat (VR)

1

Museum Bank Indonesia (https://ajaib.co.id)

Museum Bank Indonesia (BI)  Terletak di Jl. Pintu Besar Utara No.3, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Museum Bank Indonesia menyajikan informasi peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah bangsa yang dimulai sejak sebelum kedatangan bangsa barat di Nusantara hingga terbentuknya Bank Indonesia pada tahun 1953 dan kebijakan-kebijakan Bank Indonesia, meliputi pula latar belakang dan dampak kebijakan Bank Indonesia bagi masyarakat sampai dengan tahun 2005.

Sejarah

Museum Bank Indonesia (https://www.bi.go.id)

Pada awalnya gedung Museum BI Kota adalah gedung dari De Javasche Bank (DJB), yang didirikan pada tahun 1828. Kini pemerintah telah menetapkan bangunan tersebut sebagai bangunan cagar budaya. BI juga memiliki benda-benda dan dokumen-dokumen bersejarah yang perlu dirawat dan diolah untuk dapat memberikan informasi yang sangat berguna bagi masyarakat.

Denah

Denah Lantai 1 Museum Bank Indonesia Jakarta (https://www.bi.go.id)

Denah Lantai 1 Museum Bank Indonesia Jakarta (https://www.bi.go.id)

Koleksi

Metamorfosa Logo Bank Indonesia

Penyajiannya dikemas sedemikian rupa dengan memanfaatkan teknologi modern dan multi media, seperti display elektronik, panel statik, televisi plasma, dan diorama sehingga menciptakan kenyamanan pengunjung dalam menikmati Museum Bank Indonesia. Selain itu terdapat pula fakta dan koleksi benda bersejarah pada masa sebelum terbentuknya Bank Indonesia, seperti pada masa kerajaan-kerajaan Nusantara, antara lain berupa koleksi uang numismatik yang ditampilkan juga secara menarik.

Virtual Reality (VR)

Melihat Realitas Virtual, disini.

Museum Bank Indonesia
Jl. Pintu Besar Utara No.3 Jakarta Barat, Indonesia
Telp. 021-2600158 ext. 8111
Whatsapp: +6281291573940
Email : museum@bi.go.id

Waktu Kunjungan *)
​Selasa – Jumat : 08.00 – 15.30 WIB
Sabtu – Minggu : 08.00 – 16.00 WIB

Tur dengan Pemanduan:
Selasa – Minggu:
08:00, 09:00, 10:00, 13:00 dan 14:00 WIB

HTM: Rp.5.000,00

*) Senin & Hari Libur Nasional Tutup

One thought on “Museum Bank Indonesia Taman Sari Jakarta Barat (VR)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Masjid Pejlagrahan Lemah Wungkuk Kota Cirebon Jawa Barat

Tue Apr 7 , 2020
Masjid Pejlagrahan tampak samping (https://docplayer.info) Masjid Pejlagrahan merupakan masjid pertama yang didirikan di Kota Cirebon, lokasinya tak jauh dari Masjid Agung Sang Cipta Rasa, di Kampung Sitti Mulya, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk, Kotamadya Cirebon. Posisi masjid berada di tengah pemukiman magersari Kraton Kasepuhan. Untuk menuju ke masjid ini, harus […]