Hutan Mangrove Lahundape Kendari Barat Kota Kendari Sulawesi Tenggara

Hutan Mangrove Lahundape

Hutan Mangrove Lahundape terletak di Teluk Kendari, Kelurahan Lahundape Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Kondisi yang cukup memprihatinkan juga dialami oleh hutan mangrove di Teluk Kendari yang terus menunjukkan penurunan potensi. Menurut Safrulah (2017) dan Burhani (2017) menyebutkan bahwa luas hutan mangrove di pesisir Kendari, Sulawesi Tenggara, semakin menyusut. Dari luas 525 hektar kawasan mangrove, saat ini yang tersisa kurang lebih 367,5 hektar

Letak hutan mangrove yang strategis di pesisir Kota Kendari, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk menghilangkan lelah dari padatnya aktivitas perkotaan dengan duduk santai menghirup udara segar sambil menikamti indahnya pemandangan pantai.

Hutan Mangrove Lahundape (https://kompas.id)

Hutan Mangrove Lahundape yang memiliki kondisi lahan yang ideal untuk hidup dan berkembangnya beraneka ragam flora dan fauna. Akan tetapi, kondisi ekosistem mangrove dengan potensi yang sedemikian bagus ini telah mengalami perubahan seiring dengan aktivitas manusia dan pembangunan pemerintah daerah yang masih terus berupaya menyesuaikan dengan prinsip-prinsip kelestarian.

Fasilitas

Dukungan pemerintah Propinsi Sulawesi Tenggara dalam hal ini Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi, dan Penataan Ruang berupa pembangunan tracking yang warna-warni sepanjang 600 m yang dilengkapi dengan gazebogazebo semakin menambah keindahan kawasan ekowisata. Sarana dan prasarana berupa perlengkapan lain seperti pos jaga, toilet umum, karcis masuk yang belum ada, mesti dilengkapi untuk menunjang keberadaan kawasan ekowisata.

Penyusutan luasan mangrove menyebabkan penurunan jumlah flora dan fauna yang hidup diperairan Teluk Kendari.

Flora

Tingkat Keanekaragaman Jenis Mangrove di Hutan Mangrove Lahundape (*)

Komposisi hutan mangrove di Kelurahan Lahundape yang sudah mengalami penyusutan, namun masih dalam batas-batas toleransi.

(*) Ebook, Strategi Pengembangan Hutan Mangrove sebagai Kawasan Ekowisata di Teluk Kendari, Oleh La Ode Agus Salim Mando, UO. Hasani, A. Sakti, Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan, UHO Kendari

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

TWA Telaga Warna Bogor - Cianjur Jawa Barat

Mon Apr 13 , 2020
TWA Telaga Warna (https://bisniswisata.co.id) Taman Wisata Alam (TWA) Telaga Warna termasuk tiga desa, yaitu Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor dan Desa Ciloto serta Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, dibawah pengawasan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat. TWA Telaga Warna yang terletak di sekitar […]