Hutan Mangrove Bungkutoko Abeli Kota Kendari Sulawesi Tenggara

Hutan Mangrove Bungkutoko (https://wisatayuks.com)

Hutan Mangrove Bungkutoko terletak di Pulau Bungkutoko, Kelurahan Bungkutoko, Kecamatan Abeli, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Pulau Bungkutoko adalah sebuah pulau yang terletak tepat di depan Kota Kendari, pulau ini memiliki luas ±1,58 km² atau 4% dari luas keseluruhan wilayah Kecamatan Abeli.

Treking Hutan Mangrove Bungkutoko (https://enalgattuso8.wordpress.com)

Luas kawasan hutan mangrove di kelurahan Bungkutoko Kecamatan Abeli yaitu ±1.716.648,45 m². Luas hutan mangrove yang ada terus mengalami penurunan saat ini luas ekosistem hutan mangrove yang telah mengalami kerusakan yaitu ±446.332,28 m² maka luas hutan mangrove yang masih dalam keadaan baik ±1.270.316,17 m².

Dukungan pemerintah Propinsi Sulawesi Tenggara dalam hal ini Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi, dan Penataan Ruang berupa pembangunan traking yang warna-warni sepanjang 600 m yang dilengkapi dengan gasebo-gasebo semakin menambah keindahan kawasan ekowisata. Sarana dan prasarana berupa perlengkapan lain seperti pos jaga, toilet umum, karcis masuk yang belum ada, mesti dilengkapi untuk menunjang keberadaan kawasan ekowisata.

Menara pantau atau Gardu pandang (https://www.picuki.com)

Fasilitas

Gasebo di Hutan Mangrove Bungkutoko (https://wisatasulawesitenggara.wordpress.com)

Fasilitas yang sudah ada di kawasan itu adalah pintu gerbang, pos jaga, instalasi air bersih, jalan titian 540 meter, gasebo 4 unit, kantor pengelola, dan menara pantau.

Aktivitas

Aktivitas para wisatawan yang mengunjungi hutan mangrove Bungkutoko, antara lain memancing, berswafoto, dan menikmati kuliner.

Flora

Kerjasama kegiatan rehabilitasi ekosistem (http://www.jelajahsultra.com)

Jenis vegetasi mangrove yang umum ditemukan di sepanjang pesisir pulau Bungkutoko adalah jenis mangrove dari famili Rhizophoraceae (Rhizophora spp.) dan Sonneratiaceae (Sonneratia spp.). Tumbuhan mangrove ini hidup dan tumbuh pada pinggir pantai membentuk kelompok-kelompok dan pada bagian selatan tidak membentuk area hutan yang padat kecuali pada bagian barat yang area tumbuhan mangrovenya agak lebih padat sedangkan untuk bagian timur area tumbuhan mangrovenya tinggal sedikit.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Hutan Mangrove Lahundape Kendari Barat Kota Kendari Sulawesi Tenggara

Sat Apr 11 , 2020
Hutan Mangrove Lahundape Hutan Mangrove Lahundape terletak di Teluk Kendari, Kelurahan Lahundape Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Kondisi yang cukup memprihatinkan juga dialami oleh hutan mangrove di Teluk Kendari yang terus menunjukkan penurunan potensi. Menurut Safrulah (2017) dan Burhani (2017) menyebutkan bahwa luas hutan mangrove di pesisir Kendari, […]