Tips Berwisata Pengetahuan di Perpusnas RI Jakarta Pusat

Perpustakan Nasional (Perpusnas) RI (https://www.youtube.com)

Berwisata kuliner, alam, digital, dan lain sebagainya sudah dijelajahi semuanya, namun mungkin yang satu ini belum pernah diekplorasi secara mendalam yaitu Perpustakan Nasional (Perpusnas) RI yang terletak di Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11, Kelurahan Gambir, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Tip-tip yang perlu diperhatikan agar kunjungannya bisa maksimal diri di perpusnas RI.

Perpustakan Nasional (Perpusnas) RI (https://ultimagz.com)

1. Sebaiknya menggunakan Busway atau TransJakarta

Halte Balai Kota (https://inspiratorfreak.com)

Lokasi ini sangat mudah dijangkau dengan naik Transjakarta dan turun di halte Balai Kota. Setelah itu, kamu hanya perlu menyeberang untuk sampai ke Perpustakaan Nasional.

2. Jam Buka

Jam layanan Perpusnas RI (https://www.meykkesantoso.com)

Jam layanan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI:

Senin – Kamis : 08.30 – 16.00 WIB
Istirahat            : 12.00 – 13.00 WIB

Jum’at               : 08.30 – 16.00 WIB
Istirahat            : 11.30 – 13.00 WIB

Sabtu                 : 09.00 – 16.00 WIB
Istirahat            : 12.00 – 13.00 WIB

3. Membuat Kartu Anggota

Tempat pembuatan kartu anggota Perpusna di lantai dua (https://www.meykkesantoso.com)

Tidak lengkap rasanya kalau kamu berkunjung ke Perpustakaan Nasional, tapi tidak memanfaatkan peluang untuk menjadi anggota perpustakaan. Selain gratis, pembuatannya pun mudah. Kamu bisa daftar via online atau langsung saja datang ke lantai dua dengan menyiapkan identitas diri yang sah. Perlu diingat, pembuatan kartu keanggotaan hanya untuk 200 orang per hari, lho.

4. Menitipkan Tas atau Bawaanmu

Sebelum ke lantai dua atau lantai lainnya, kamu wajib menitipkan tas di loker yang terletak di lantai satu. Uniknya, kamu akan dipinjamkan semacam goodie bag untuk membawa barang-barang pribadi seperti laptop, dompet, ponsel, dan sebagainya.

5. Update info di sosial media

Perpusnas tak sekedar tempat membaca dan mencari buku saja. Di sini juga rumah bagi acara-acara diskusi publik lho. Serta Perpusnas jua punya agenda yang bisa dinikmati pengunjung.

Biasanya agenda dan kegiatannya diinfokan Perpusnas di media sosial, salah satunya Instagram. Kamu cek aja info di sana ya.

6. Denah per lantai

Denah lantai Perpusnas RI (https://www.meykkesantoso.com)

Perpusnas ini teramat luas dengan banyak lantai plus layanan yang berbeda di masing masing lantai, untuk mempermudah menjelajahi perpustakaan, kamu wajib banget nih memotret atau mengingat denah per lantai.

7. Gunakan OPAC

Online Public Access Catalog (https://inspiratorfreak.com)

OPAC (Online Public Access Catalog) merupakan katalog online yang akan memudahkan pencarian buku incaran atau melihat buku apa saja yang ada di perpustakaan melalui online di www.opac.pnri.go.id atau di lantai 2, 21, dan 22 disediakan komputer khusus OPAC. Yang bikin kagum, kamu bisa mencetak hasil pencarianmu sehingga tidak perlu membawa pensil dan kertas untuk mencatat kode.

8. Buku khusus untuk penyandang disabilitas

Rak penuh buku Braille (https://www.meykkesantoso.com)

Perpustakaan Nasional sangat ramah difabel, lho. Terletak di lantai tujuh, ada beberapa buku yang sudah diterjemahkan ke kode braille. Jadi, kalau Inspirator mengajak teman difabel ke perpustakaan ini, dia juga bisa ikutan membaca.

9. Tersedia banyak tempat nyaman

Tempat yang nyaman untuk membaca (https://inspiratorfreak.com)

Aktivitas membaca pasti semakin asyik karena banyak tempat duduk yang nyaman dengan interiornya dijamin bikin kamu betah.

10. Sebaiknya datang pada hari kerja

Gunakan kesempatan itu untuk berkunjung ke perpusnas pada hari kerja, pengunjung tidak terlalu ramai.

11. Siapkan waktu lebih lama

Perlu kamu tahu, bahwa Perpusnas tidak hanya melayani membaca dan peminjaman buku saja. Namun juga melayani banyak hal dan semua kalangan.

Selain buku, kamu juga bisa berkunjung ke layanan naskah kuno, multimedia, audiovisual, pameran, ruangan anak, buku mancanegara dan banyak lagi.

Jadi percayalah, jika kamu ingin menikmati layanan pustaka, akan butuh banyak waktu biar merasa puas.

12. Bawa pemutar lagu favorit

Supaya membaca kamu semakin nyaman, tak ada salahnya membayar pemutar lagu yang berisi lagi favorit kamu. Jadi kamu bisa menghabiskan waktu dengan nyaman di pustaka.

13. Kenakan pakaian nyaman dan sopan

Berlama-lama di perpustakaan, mencari buku, membaca, bersantai dan berdiskusi tentu kegiatan yang sangat produktif untuk me time kamu. Demi kenyamanan, kenakanlah pakaian yang simple namun sopan saat ke perpustakaan.

Jadi bila ingin berpindah-pindah duduk, atau naik turun tangga kamu dan bergerak sebebas mungkin, kamu tidak akan risih dan kegerahan karena pakaiannya nyaman.

Yuk kita berwisata ke Perpusnas RI guna menambah pengetahuan kita…

Berbagai sumber.

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.