Tarian Tradisional Pati Jawa Tengah

Kabupaten Pati memiliki berbagai kesenian lokal, kegiatan seni ini masih berjalan dan dipertunjukan, namun sayangnya hingga saat ini kesenian tersebut tidak memiliki wadah yang layak untuk menjadi tempat pertunjukan, padahal kesenian ini merupakan aset yang berharga bagi suatu daerah.

Tari Purisari

Tari Purisari (https://www.youtube.com)

Tari Purisari merupakan tarian penyambut tamu, bersumberkan pada tema tari Tayub, yaitu menceritakan ungkapan rasa syukur masyarakat Pati kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas hasil panen yang melimpah.

Tari Purisari merupakan tari pergaulan yang lahir dari gagasan Bupati Pati Soenardji (tahun 1991-1996) dalam pidato tahun keduanya di GOR Pesantenan Puri Pati. Oleh Soenardji tari Purisari dilegitimasi sebagai tari identitas Kabupaten Pati.

Makna filosofis yang terkandung dalam tari Purisari di Kabupaten Pati meliputi:

  1. Gerak tari Purisari mengajarkan tentang etika pergaulan
  2. Tema tari Purisari mengajarkan manusia untuk selalu bersyukur
  3. Iringan tari Purisari mengajarkan manusia untuk selalu mengakui keberadaan Tuhannya (Lelagon Ilir-ilir), menanamkan semangat untuk belajar setinggi langit (Ketawang Sinom), memahami serta menghargai teman bergaul yang berasal dari daerah lain yang mempunyai tata nilai yang berbeda-beda, tidak membedakan satu dengan yang lain, bangga terhadap daerahnya, serta cinta produksi dalam negeri (Lelagon Gandhul Pati)
  4. Tata rias wajah dan rambut mengandung nilai kesederhanaan, keberanian, kerapian, cinta kebaikan serta keanggunan
  5. Tata busana mengandung nilai keberanian tetapi tidak sombong, kelincahan dan kejawen dilihat dari segi busana berwarna hitam.

Tari Wiwit

Tari Wiwit (http://kmppsemarang.blogspot.com)

Tari yang menggambarkan proses bertani, pemberantasan hama hingga upacara pasca panen dipentaskan pada acara Merti Desa atau Saparan.

Tari Candhik Ayu

Tari Candhik Ayu (https://facebook.com)

Tari Candhik Ayu karya Bapak Untung Muljono dari Sanggar Tari Kembang Sore ini menggambarkan tentang sekelompok anak perempuan yang sedang bermain dengan tingkah laku yang polos, apa adanya dan bermandikan cahaya matahari laksana bidadari.

Candhik Ayu itu sendiri merupakan fenomena alam terindah dan langka yang muncul disaat Matahari mulai terbit bersamaan dengan turunnya rintik-rintik hujan yang lembut sehingga memunculkan pelangi di pagi hari, sebagai sebuah refleksi kemurnian, kesucian dan keindahan yang sempurna dari Sang Pencipta.

Tari Topeng Mina Tani

Tari Topeng Mina Tani (https://myimage.id)

Merupakan sebuah tari kreasi baru yang didalamnya menceritakan tentang cita-cita Kabupaten Pati untuk memajukan daerahnya dengan cara menyejahterakan masyarakatnya untuk mencapai masyarakat adil dan makmur yang bertakwa kepada Yang Maha Kuasa.

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.