Buat Kamu yang Pengin Short Escape

Kawasan Kota Tua Semarang (https://www.anekawisata.com)

Otak sudah perlu disegarkan tapi belum bisa jalan-jalan untuk waktu yang lama? Coba short escape saja. Short escape sering diartikan sebagai liburan singkat. Artinya, kamu hanya pergi jalan-jalan untuk jangka waktu kurang dari dua hari, bahkan mungkin cuma one day trip. Lokasinya tentu saja yang gak jauh-jauh dari tempat tinggalmu.

Short escape ini cocok banget buat kamu yang pengin menyegarkan kembali pikiran dengan pengalaman baru. Nah, berikut ini ada 6 tips buat kamu yang berencana untuk short escape. Simak, yuk!

1. Short escape gak mesti ke luar kota. Liburan singkat di dalam kota tempat kamu tinggal bisa juga seru

Sebagian dari kamu mungkin berpikir kalau liburan mesti ke luar kota, termasuk dalam rangka short escape. Anggapan tersebut sebenarnya salah, sobat. Short escape bisa kamu lakukan dengan memilih destinasi yang dekat dari rumah kamu.

Katakan kamu tinggal di Semarang, kamu bisa cari tujuan short escape dengan ikutan walking tour di kawasan Pecinan, misalnya. Walking tour menjadi cara yang seru buat kamu jalan-jalan, sekaligus mengenal sejarah wisata atau lokasi yang kamu kunjungi.

Contoh lain, kamu tinggal di Bogor yang terkenal dengan destinasi curug-curugnya. Nah, kamu bisa searching lokasi curug yang memungkinkan kamu mengunjunginya. Short escape ke curug bareng teman, lalu basah-basahan di bawah air terjunnya. Pasti seru banget!

2. Yang pasti, jangan pilih short escape ke mall

Mall mungkin bisa bikin otak kamu kembali segar dengan window shopping atau kulineran di resto-restonya. Tapi, kamu gak bakal mendapat pengalaman baru yang bisa menambah wawasan wisata kamu. Jadi, kalau pengin short escape, hapus mall dari bucket list kamu ya.

3. Kalau pengin seru, cobain pakai transportasi umum saat kamu short escape

Selama ini kamu mungkin lebih sering pakai kendaraan pribadi ketika jalan-jalan. Karena lokasi short escape kali ini terbilang dekat dari tempat tinggalmu, cobalah beralih menggunakan transportasi umum. Kamu bisa pilih naik angkot, bus umum, atau naik MRT, LRT, dan commuter line buat kamu yang tinggal di Jabodetabek.

Khusus buat kamu yang pengin short escape ke luar kota, misalnya dari Bogor ke Sukabumi, kamu bisa coba naik kereta Pangrango. Kereta ini cuma menempuh 2 jam perjalanan.

Keberangkatan dari Bogor maupun Sukabumi juga tersedia dalam enam jadwal. Cocok banget buat one day trip atau short escape dengan menginap satu malam.

4. Short escape buat cicip kuliner legendaris, boleh banget!

Buat kamu seorang foodie, short escape ini bakal cocok dengan cara eksplorasi kuliner-kuliner legendaris yang belum pernah kamu coba. Terlebih buat kamu yang tinggal di Jabodetabek, pilihan kuliner legendarisnya banyak banget, sobat.

Ambil contoh di kawasan Pasar Baru. Kamu bisa naik commuter line dan turun di Stasiun Juanda. Lalu, tinggal naik ojek online atau jalan kaki ke Pasar Baru. Di sini, kamu bisa menjumpai beberapa sajian legendaris, seperti Bakmi Kelinci, Cakue Ko Atek, Bakmi A Boen, dan Soto Betawi Globe Haji Oji.

Usai kulineran, kamu bisa sekalian cuci mata di sepanjang jalan Pasar Baru yang sudah ada sejak tahun 1820. Asyik, kan?

5. Jangan lupa bikin dokumentasi selama short escape

Meskipun cuma liburan singkat, bukan berarti kamu gak bisa banyak foto-foto. Ambillah gambar sebanyak mungkin, terlebih ketika kamu menjajal short escape yang anti mainstream. Bisa jadi saat kamu kemudian membaginya di akun media sosialmu, bakal banyak followers-mu yang tertarik mencoba short escape serupa.

Gak cuma dokumentasi gambar, tapi sebaiknya kamu sekaligus menggali informasi sebanyak mungkin dari tempat yang kamu kunjungi. Jadi, short escape tersebut gak sekadar bikin otak kamu fresh lagi, tapi bisa memperkaya wawasan kamu.

6. Terakhir, jika memungkinkan lakukan short escape di hari kerja

Kalau kamu bisa cuti, sebaiknya lakukan short escape saat hari kerja. Kebayang kan suasana jalan sepi sehingga destinasi yang mau kamu kunjungi juga gak banyak orang. Di saat yang lain sedang berkutat dengan pekerjaan, kamu justru lagi liburan singkat. Dengan begitu, kamu bakal lebih merasakan nikmatnya kabur dari rutinitas.

Liburan gak harus ke luar kota dan gak mesti berhari-hari. Luangkan sehari dua hari buat jalan-jalan, sudah cukup bikin badan dan pikiran kamu segar kembali. Jadi, kapan mau short escape dimulai?

Sumber: idntimes

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.