16 Kota atau Kabupaten di Indonesia Memiliki Keindahan Tersembunyi

Riam Bedawat di Landak

Dari 415 kabupaten, 93 kota, 5 kota administrasi dan 1 kabupaten administrasi dari 34 provinsi di Indonesia, apakah kamu mengetahui setiap nama kabupaten dan kota tersebut? Mungkin tidak sampai setengah, atau bahkan seperempat dari jumlah di atas yang bisa kamu sebutkan, ya kan?

Jumlah kota dan kabupaten yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, yang jumlahnya ratusan itu, memiliki keunikan tersendiri. Mendengar nama kota dan kabupaten tersebut pun mungkin hanya terjadi ketika mendapatkan informasi dari media.

kabupaten dan kota di Indonesia ini, yang memiliki nuansa alam yang luar biasa, panorama yang keren dan potensi wisata yang istimewa, namun tidak mendapatkan kesempatan untuk menjadi populer di negeri sendiri!

1. Nuansa alam yang meriah di Bener Meriah, Aceh

Air Terjun Tansaran Bidin, salah satu destinasi wisata cantik di Bener Meriah

Dijamin kamu tidak pernah mendengar nama Kabupaten Bener Meriah ini. Bukan hanya menjadi kabupaten yang relatif muda, mengingat baru diresmikan pada 18 Desember 2003 sebagai pemekaran dari Kabupaten Aceh Tengah, tapi juga karena minimnya sorotan media pada kabupaten di provinsi Nangroe Aceh Darussalam ini.

Air Terjun Tujuh Bidadari

Namun bila berbicara keindahan alam, seperti namanya, potensi yang ditawarkan memang bener meriah (betul-betul meriah). Mulai dari air terjun hingga lanskap yang istimewa, kamu akan disuguhi keajaiban panorama alam yang menakjubkan!

2. Lanskap alam keren di Humbang Hasudutan, Sumatera Utara

Pulau Simamora

Sebagai salah satu wilayah dengan lanskap alam yang keren, Kabupaten Humbang Hasundutan di Sumatera Barat menjadi salah satu kota di Indonesia yang memiliki keindahan tersembunyi yang wajib dijelajahi.

Air Terjun Sipulak

Tidak sedikit destinasi wisata keren yang bisa dikunjungi, namun luput dari perhatian khalayak, seperti Air Terjun Sipulak yang megah hingga istana pahlawan nasional Sisingamangaraja. Menarik, bukan?

3. Destinasi wisata anti-mainstream di Lima Puluh Kota, Sumatera Barat

Lembah Harau yang Instagenik

Kabupaten Lima Puluh Kota di Sumatera Barat menjadi salah satu destinasi wisata lain di sekitar kota Padang yang harus kamu kunjungi. Bukan hanya lokasinya yang anti-mainstream, spot wisatanya juga sangat menarik, lho!

Ada obyek cagar budaya seperti Kawasan Megalit Belubus, Maek hingga Harau Valley yang istimewa. Ingin melihat panorama Selat Malaka yang eksotis juga bisa. Tertarik berkunjung ke Kabupaten Lima Puluh Kota, salah satu kabupaten maupun kota di Indonesia dengan keindahan tersembunyi ini?

4. Menjelajahi pulau tropis di Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

Terempa di Kabupatan Kepulauan Anambas

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak pulau tropis yang asyik, salah satunya di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. Kamu akan mendapati banyak spot cantik khas tropical island.

Pantai Nongkat

Pantai Lango’

Tidak hanya alam atas lautnya yang mengundang decak kagum, pemandangan bawah lautnya juga begitu mengesankan. Mulai dari koral hingga fauna yang ada di dalamnya, dijamin akan membuat kamu terkesima deh!

5. Destinasi wisata asyik di Bungo, Jambi

Air terjun Rantau Ikil

Kabupaten di Provinsi Jambi ini juga menjadi salah satu kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Bungo Tebo pada tahun 1999. Potensi alam dan wisatanya juga layak mendapat perhatian tersendiri.

Gelagah Buto dengan alam yang sejuk di sekitarnya

Dengan luas wilayah 4,659 km2, Kabupaten Bungo memiliki beragam destinasi wisata alam yang menarik, di antaranya Air Terjun Renah Sungai Besar hingga Taman Pusparagam. Kamu harus menyempatkan liburan ke sini, ya!

6. Wisata air asyik di Semuna (Seluma, Manna, Kaur), Bengkulu

Air Terjun 7 Tingkat di Kaur

Semuna adalah tiga kabupaten di Bengkulu, yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain, yaitu Seluma, Manna dan Kaur. Ketiganya memiliki potensi wisata yang istimewa dan layak dipromosikan lebih serius lagi di pasaran lokal maupun internasional.

Curug Nibung di Kaur

Di antara potensi alam yang cukup mengesankan adalah yang terkait dengan air, mulai dari air terjun hingga sungai yang mengalir di antara ceruk lembah yang Instagenik. Coba cek langsung, deh!

7. Potensi wisata alam yang mengesankan di Tanggamus, Provinsi Lampung

Pantai Karang Gigi Hiu yang ikonik

Kabupaten Tanggamus memiliki potensi wisata yang luar biasa. Namun karena kalah popularitas dari Lampung, sejumlah obyek wisata di kabupaten ini ‘diklaim’ oleh tetangga mereka.

Curug Tirai

Terlepas dari klaim tersebut, Tanggamus memang kaya akan potensi alam yang luar biasa. Dari laut hingga alam perbukitan yang keren, kamu tidak boleh melewatkan kesempatan berwisata di kabupaten yang diresmikan pada 21 Agustus 1997 itu.

8. Surga tersembunyi Indonesia Timur di Kepulauan Alor, Nusa Tenggara Timur

Kepulauan Alor yang indah

Sebagai wilayah kepulauan, Kabupaten Kepulauan Alor mengandalkan potensi wisata dari kekayaan laut dan panorama di dalamnya. Mulai dari pantai hingga alam bawah laut yang keren, Kabupaten Kepulauan Alor dijamin akan membuat kamu terkagum-kagum.

Air Terjun Mataru

Meski popularitasnya mulai menanjak, kabupaten yang masih masuk dalam wilayah provinsi Nusa Tenggara Timur ini masih berada di bawah bayang-bayang Bali, Lombok dan juga Pulau Padar, bahkan Labuan Bajo. Padahal keindahan yang ditawarkan memiliki kualitas yang tidak kalah dari mereka semua lho.

9. Taman laut istimewa di Bone Bolango, Gorontalo

Salah satu pantai di Kabupaten Bone Bolango yang cantik

Menuju ke Provinsi Gorontalo, ada Kabupaten Bone Bolango yang layak mendapat perhatian bagi pecinta wisata di Indonesia. Kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Gorontalo di tahun 2003 tersebut terbagi menjadi empat wilayah kecamatan yang berhasil mencuri perhatian karena potensi lautnya.

Taman Laut Olele

Dari Pantai Botutonuo hingga Taman Laut Olele, semuanya menjadi andalan wisata di Bone Bolango. Selain itu, panorama alam yang ditawarkan di seluruh penjuru kota juga mengesankan lho.

10. Kabupaten terluar Indonesia yang menantang di Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara

Pulau Buang

Sebagai kepulauan terluar di bagian utara Indonesia dan berbatasan langsung dengan Filipina, Kabupaten Sangihe menjadi salah satu kabupaten dan kota di Indonesia yang memiliki keindahan tersembunyi yang paling menantang untuk dikunjungi. Bayangkan saja, kamu harus menempuh perjalanan selama tujuh hingga delapan jam menggunakan kapal cepat untuk bisa sampai lokasi dari Manado, atau 50 menit penerbangan. Fasilitas listrik dan sinyal telepon juga susah diakses di kabupaten ini.

Alam bawah laut Sangihe

Tahuna

Namun, jika berbicara keindahan alam, Kabupaten Kepulauan Sangihe menjadi salah satu surga tersembunyi yang ada di Indonesia. Banyak spot cantik dan asyik untuk dijelajahi, terutama kekayaan alam lautnya yang mengesankan.

11. Lanskap eksotis ujung utara Sulawesi di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara

Bisa jadi Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menjadi kabupaten dengan nama terpanjang di Indonesia. Satu lagi yang mencuri perhatian, kabupaten yang masuk dalam wilayah Sulawesi Utara ini memiliki alam yang luar biasa indah.

Danau Cinta

Sitaro memiliki lanskap yang indah dan eksotis, mempunyai keunikan alam dan nuansa laut yang asyik. Ada banyak destinasi wisata keren di Sitaro, yang sayangnya masih kalah populer dari Taman Nasional Bunaken di Manado.

12. Sisi cantik lain Celebes di Barru, Sulawesi Selatan

Air terjun Batu Lappa

Sulawesi Selatan bukan hanya Bone, Bulukumba, Jeneponto, Tana Toraja, Parepare dan Makassar saja lho. Masih ada kabupaten lain yang juga menyuguhkan pemandangan dan panorama alam yang indah dan istimewa, seperti di Kabupaten Barru.

Kars Barru

Celebes Canyon

Bekas kerajaan kecil ini kini menjelma sebagai salah satu kabupaten dan kota di Indonesia yang memiliki keindahan tersembunyi dan layak dipromosikan ke dunia. Dari air terjun hingga Celebes Canyon, dijamin akan membuat pengunjungnya terkagum-kagum.

12. Destinasi wisata asyik di Tapin, Kalimantan Selatan

Nes 12, Rantau

Di salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan tersebut, beragam destinasi wisata keren bisa kamu kunjungi. Tidak salah jika kemudian memasukkan Tapin sebagai salah satu kota di Indonesia yang memiliki keindahan tersembunyi.

Bukit Buluan

Mulai dari danau, air terjun hingga panorama bumi yang mengesankan, kamu bisa melihatnya di Tapin. Kamu juga tidak perlu menempuh perjalanan yang terlalu lama dari Banjarmasin karena hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam perjalanan untuk sampai ke Tapin.

14. La La Land-nya Indonesia di Bengkayang, Kalbar

Riam Berawan di Kabupaten Bengkayan

Pernah dengar kabupaten bernama La La? Ya, di Indonesia, atau tepatnya di Provinsi Kalimantan Barat, ada kabupaten dengan nama La La, atau yang lebih tenar dipanggil Bengkayang. Dibandingkan Pontianak dan Singkawang, La La masih kalah pamor dan popularitas. Padahal alamnya begitu mempesona.

Riam Manajur

Bukan hanya memiliki pemandangan yang mengesankan, lanskap alamnya juga unik. Sisi natural juga begitu kental karena hampir sebagian besar destinasi wisata di Bengkayang masih tersembunyi dan asyik untuk dikunjungi.

15. Kabupaten dengan pemandangan eksotis di Landak, Kalimantan Barat

Riam Bedawat di Landak

Mendengar kata landak, yang terbesit di kepala adalah hewan eksotik dengan bulu-bulu tajam di punggungnya. Namun ada juga Landak sebagai kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat, yang juga memiliki sisi eksotik tersendiri bagi penikmat wisata alam. Keduanya tidak memiliki hubungan sama sekali, lho!

Goa Tang Andu

Tapi jika berbicara destinasi wisata tersembunyi, Landak adalah salah satu lokasi yang bisa kamu tuju. Tidak sedikit destinasi wisata yang mengesankan di kabupaten dengan Ngabang sebagai ibukota tersebut, dan semuanya dijamin mengesankan.

16. Sensasi asyik wisata Indonesia Timur di Kepulauan Sula, Maluku Utara

Pulau Lifmatola

Indonesia Timur selalu menyuguhkan hal yang asyik dan menarik, tidak terkecuali di Kabupaten Kepulauan Sula. Kabupaten di provinsi Maluku Utara ini memang tidak mudah dijangkau; namun karena hal itu juga yang menjadikan alamnya masih alami dan luar biasa.

Air terjun Desa Kaporo

Pemandangan bawah laut Kabupaten Kepulauan Sula

Tidak sedikit destinasi wisata di Kepulauan Sula yang bisa dinikmati, mulai dari Pantai Wai Ipa hingga Pulau Hamparan dan masih banyak lagi yang tidak kalah menawannya. Tertarik untuk berkunjung?

Sumber: tripzilla

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.