Masjid Al Munawaroh Kadudampit Kabupaten Sukabumi Jawa Barat

Masjid Al Munawaroh (https://republika.co.id)

Masjid Al Munawaroh terletak di Kampung Cijarian Panday (Kampoeng Tempo Doeloe) RT. 15/05, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Masjid ini dibangun oleh warga pribumi pada tahun 1941, sebelum Kemerdekaan RI, menurut Simas (Sistem Informasi Masjid), Kementerian Agama RI pada tahun 1929 .

Gapura Kampoeng Tempo Doeloe (https://www.youtube.com)

Di sekitar Masjid Al Munawaroh, terdapat sembilan bangunan arsitektur tempo dulu berdiri terawat. Setiap sudut bangunan masih terlihat aslinya atau tak diubah sejak pertama kali dibangun pada era tahun 1920-1930. Menurut penghuninya saat ini, arsitektur bergaya retro selain memiliki unsur seni juga menyimpan banyak kenangan dan jejak tentang para pejuang melawan penjajah.

Sejarah

Keberadaan masjid menjadi sejarah perjalanan umat islam dan pusat perjuangan pada masa pergerakan situasi perang waktu itu, sebagai gudang penyimpanan senjata para pejuang kemerdekaan.

Arsitektur

Arstektur Al Munawaroh bergaya arsitektur khas Eropa serta memiliki ornamen batu dan granit yang berjaya pada zamannya..

Bangunan

Mihrab dan Mimbar Masjid Al Munawaroh (https://www.youtube.com)

Masjid Al Munawaroh merupakan tanah wakaf, luas tanah 250 m dan bangunan 110 m. Sejak dibangun sampai dengan saat ini kondisi masjid tidak banyak berubah. Hanya bagian dinding saja yang telah dipoles dengan cat.

Follow me!

One thought on “Masjid Al Munawaroh Kadudampit Kabupaten Sukabumi Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.