Masjid Agung Sukabumi Cikole Kota Sukabumi Jawa Barat

Masjid Agung Sukabumi terletak di Jl. Alun-Alun Utara No.4b, Kelurahan Gunungparang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Diperkirakan masjid ini sudah berdiri sejak abad ke-19 dan menjadi satu-satunya masjid yang berdiri di tengah kota Sukabumi hingga akhir abad ke-19.

Awalnya, Masjid Agung Sukabumi didirikan di atas tanah wakaf milik warga bernama Ahmad Juwaeni yang hingga sekarang terus mengalami perubahan.

Masjid Agung Kota Sukabumi bentuk aslinya

Pada masa awal, bangunan Masjid Agung Sukabumi masih sederhana dengan atap tumpang dan memiliki satu menara. Di bagian depan masjid terdapat alun-alun dengan hamparan padang rumput yang menjadi tempat penggembalaan sapi. Namun, hewan-hewan tersebut kemudian dipindahkan ke bagian timur.

Selama berdirinya, Masjid Agung Sukabumi telah mengalami 6 kali renovasi yaitu pada 1900, 1936, 1945, 1975, 2004, dan renovasi besar-besaran pada 2012 yang rampung setahun kemudian.

Masjid Agung Kota Sukabumi Megah dan Modern (https://mapio.net)

Perubahan arsitektur yang sangat dominan menjadikan masjid Agung Sukabumi terlihat megah dan modern. Namun bangunan masjid telah kehilangan bentuk aslinya.

Sumber: pikiran-rakyat

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.