Kebaya dan Batik Betawi Selaras Svarna

Nuansa biru merupakan benang merah dari padu padan kebaya dan batik Betawi. Corak Kontemporer dan klasik khas Betawi pun terlihat menawan bersanding beragam kebaya klasik maupun kebaya modifikasi yang tak kehilangan keindahan dan jati dirinya sebagai busana perempuan Indonesia.

Eleganitas kebaya biru dengan renda putih, menawarkan tampilan klasik yang menawan dari kebaya. Cantik bersanding dengan batik bercorak ondel-ondel berwarna senada.

Aksen kutubaru dengan bros cantik sebagai pemanis, serta tumpal khas Betawi pada kain, memperlihatkan sebuah tampilan total menawan namun tetap bersahaja.

Kebaya panjang ini menerapkan modifikasi yang ditampilkan lewat panjang tangan. Dengan detail kutubaru yang khas, serta padanan berupa batik Betawi yang didominasi warna biru dengan aksen warna cerah pada corak bunga, terkesan lebih kekinian. Wujud nyata kemampuan kebaya dan batik untuk selalu beradaptasi dengan jaman.

Blus lengan setali ini memiliki beberapa elemen kebaya yang membuatnya terlihat cantik dan juga apik saat berkolaborasi dengan batik Betawi. Dominasi nuansa baru dalam berbagai tingkat, justru membuat penampilan yang berakar pad tradisi lokal ini terkesan modern.

Inspirasi baju kurung menghadirkan sebuah blus bernuansa biru mewah yang selaras saat dipadukan dengan batik Betawi bercorak flora. Pemakaian kain yang apik serta sematan bros cantik turut berpartisipasi dalam membuat padu padan bersahaja ini tampak kian istimewa.

Kebaya Betawi bercorak bunga yang dikenakan dengan apik ini prima mempertegas keindahan kebaya modifikasi dengan model leher cheongsam. Tanpa perlu banyak melibatkan perhiasan atau aksesori, pad padan ini lantang mengungkapkan kesan anggun.

Sumber: Inspirasi Batik Betawi, Ragam Rona Kebaya, Oleh Keluarga Batik Betawi & Debbie S. Suryawan Kebaya, Sonny Muchlison, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2016

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.