Kebaya dan Batik Betawi Maheswari

Keindahan batik Betawi faktanya bisa semakin menonjolkan berkat padanan yang tepat. Kebaya klasik, kebaya modifikasi , atau bahkan blus yang mengakar  kepada keindahan kebaya dan tradisional Indonesia, adalah beberapa padanan yang tepat untuk mempercantik wajah kain batik.

Karakter baju bodo yang inspiratif, terekam kuat jejaknya pada blus berpotongan unik ini. Meski tidak termasuk ke dalam kategori Kebaya, blus yang dirancang dengan cerdas dan cermat ini mampu bersanding selaras dengan batik Betawi warna cerah bercorak bunga dan dedaunan. Ditambah sematan bros berdesain cantik, padu padan ini terlihat begitu memikat.

Nuansa pastel selalu terkesan menyenangkan. Demikian juga tampilan dari kebaya kutubaru beraksen renda warna biru pucat lembut itu yang terlihat begitu harmonis saat berpadu dengan batik Betawi warna merah dengan aksen biru pada coraknya, Siapapun yang mengenakannya pada padan ini pasti akan terlihat sebagai perempuan yang lembut juga menawan.

Kebaya kutubaru modifikasi tanpa lengan ini terlihat spesial berkat lilitan kain batik bercorak bunga yang ditata apik sehingga menghadirkan aken draperi asimetris.

Kedigdayaan kebaya untuk beradapsi dengan jaman dan berevolusi tanpa kehilangan kekhasannya adalah sebuah warisan tak ternilai. Tengok saja bagaimana kebaya kutubaru modifakasi tanpa lengan dengan aksen renda ini tampil begitu cantik saat dipadankan dengan batik Betawi dengan tumpal pucuk rebung yang apik.

Blus inspirasi kebaya lengan setali ini memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan padanannya. Tak kecuali adalah batik Betawi bercorak klasik. Detail drapari yang hadir pada blus dan lilitan kain menjadi kekuatan dari penampilan yang membumi ini.

Sumber: Inspirasi Batik Betawi, Ragam Rona Kebaya, Oleh Keluarga Batik Betawi & Debbie S. Suryawan Kebaya, Sonny Muchlison, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2016

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.