Kebaya dan Batik Betawi Kembang Setaman

Tak ada yang lebih menawan selain tampilan seorang perempuan dalam balutan kebaya yang berpadu apik dengan lilitan batik. Laksana bunga cantik yang menhiasi taman.

Corak klasik batik Betawi memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri, utamanya pada warna-warna cerah yang kerap hadir. Meski berasal dari Betawi, faktanya lilitan kain batik ini cantik bersanding dengan kebaya kutubaru gaya klasik yang tak kalah cantik. Alternatif gaya berkebaya yang tetap menyusupkan pesan tradisi.

Batik Betawi bercorak klasik adalah bukti warisan budaya. Kebaya kutubaru bercorak flora pun menjadi pilihanpadanan yang tepat. Menghadirkan kesan klasik yang menawan.

Meski tak lazim, batik Betawi juga ada yang mengandung unsur warna lembut atau kalem. Lilitan kain ini adalah contohnya. Corak bunga dengan dedaunan dan sulurnya, sudah selayaknya menjadi “bintang” dari penampilan ini. Karenanya kebaya kutubaru klasik bercorak serupa, menjadi pilihan terbaik.

Keelokan dari penampilan ini utamanya terletak pada batik Betawi berlatar gelap dengan corak bunga warna kontras dan cerah. Selaras dengan corak, kebaya klasik polos warna senada pun dihadirkan. Disempurnakan dengan sematan bros dan aksesori pelengkap yang tepat, gaya perempuan Indonesia yang mencintai tradisi pun terwujud.

Sumber: Inspirasi Batik Betawi, Ragam Rona Kebaya, Oleh Keluarga Batik Betawi & Debbie S. Suryawan Kebaya, Sonny Muchlison, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2016

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.