Kebaya dan Batik Betawi Janardana Kemuning

Kebaya dan beragam blus inspirasi kebaya dengan sentuhan warna kuning ini menghadirkan kesan cerah dan memberi semangat.Nuansa yang berkarakter ceria. Ini pun tampil kian cemerlang saat dipadankan dengan kain batik Betawi yang memiliki unsur warna senada atau kontras harmonis.

Kebaya modifikasi tanpa lengan ini bisa menjadi alternatif pilihan busana spesial untuk acara khusus. Sebagai padanannya, batik Betawi warna cokelat dengan unsur kuning dan jingga bercorak kontemporer sangat serasi. Perhatikan lilitan kain yang menghadirkan kesan modern dan kekinian.

Kolaborasi antara blus lengan setali beraksen draperi dan lilitan kain batik Betawi warna cokelat dan kuning ini “sempurna” menyuguhkan kesahajaan gaya berbusana yang mengakar pada kearifan lokal. Anggun, menawan dan membumi.

Baju bodo kembali menjadi sumber inspirasi yang diterapkan pada blus dengan aksen simpel di bagian depan. Lilitan batik Betawi warna hijau segar serta sematan bros berdesain unik di bagian bahu, hadir sebagai penyempurna penampilan bergaya etnik modern ini.

Sebagai salah satu warisan budaya bagi perempuan Indonesia, harus diakui bahwa baju bodo mampu tampil menawan sesuai era. Hal tersebut bisa dibuktikan lewat padanan blus yang terinspirasi baju bodo berdetail renda warna segar serta kain batik Betawi motif kontemporer warna biru toska. Sebuah padanan kontras yang justru terlihat begitu menarik dan selaras.

Sumber: Inspirasi Batik Betawi, Ragam Rona Kebaya, Oleh Keluarga Batik Betawi & Debbie S. Suryawan Kebaya, Sonny Muchlison, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2016

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.