Wisata Belanja di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah

1

Pada umumnya orang mungkin lebih mengenal dengan nama Purwokerto dari pada nama Kabupaten Banyumas, pada hal Purwokerto itu ibukota Kabupaten Banyumas.

Hingga akhir 2017, sesuai data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag), ada 42.520 unit usaha yang tersebar di Kabupaten Banyumas. Dua persen dari jumlah tersebut atau 850 di antaranya adalah IKM (Industri  Kecil Menengah) kerajinan. Jenis usaha yang digeluti antara lain kerajinan batik, kerajinan alas kaki dari ban bekas (bandol), bordir, kerajinan logam, payung kertas, sepatu dan jaket kulit, kerajinan bambu, tempurung, keramik, dan lain sebagainya.

Sentra Batik Banyumasan

Show room Papringan, Batik Banyumas

Terletak di Desa Papringan, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Keberadaan batik papringan ini sudah ada sejak era kadipaten (Kabupaten, red). Dulu ibukota kadipaten berada di Kecamatan Banyumas dan karena pada waktu itu batik berasal dari kaum bangsawan serta pejabat, membuat wilayah ini menjadi sentranya batik di Banyumas.

Beberapa motif Batik Banyumasan

Batik Papringan
Desa Papringan RT 2 RW 1, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
IG: https://www.instagram.com/pringmasbatik

Sentra Pengrajin Logam Bekas

Produk Sentra Pengrajin Logam Bekas (https://kerajinanindonesia.id)

Sentra Pengrajin Logam Bekas terletak di Desa Wetan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Sampah-sampah logam tersebut dapat menjadi suatu karya seni yang biasa menambah nilai jual yang tinggi berupa aneka mainan anak-anak,aksesoris dan berbagai kerajinan logam lainnya.

Para pengrajin juga memiliki cara tersendiri untuk membuat kerajinan logam ini ada yang di lebur terlebih dahulu lalu baru kemudian dibentuk dengan cara di cor menjadi karya seni, ada pula yang langsung dibuat dengan langsung membuat bentuk atau pola yang di inginkan seperti di ukir, dipotong perbagian lalu disatukan kembali menjadi bentuk baru.

Sentra Industri Kerajinan Ban Rusak Kendaraan (Bandol)

Ban rusak (Bandol) kendaraan menjadi Sandal Bandol (https://satelitpost.com)

Industri kerajinan ban rusak atau bodol (Bandol) kendaraan di Kampung Grumbul Banaran, Kelurahan Pasir Kidul, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Dari zaman penjajahan Belanda sampai sekarang masih eksis dikenal sebagai pusat kerajinan sandal dengan bahan bekas ban kendaraan. Produknya berupa Sandal Ban Bodol (Bandol), juga karet jok (kursi) dan bak sampah. Proses menjadi karet joknya lama karena mengalami tiga tahapan. Pertama, bandolnya dibelah, kemudian dibelah memanjang dan terakhir ditipiskan dan permukaan dihaluskan.

Sentra kerajinan payung kertas semen

Payung Kertas dari limbah kantong semen Desa Kalibagor (https://www.inibaru.id)

Terletak di Desa Kalibagor, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Payung kertas dari bekas kantong Semen, buatan Desa Kalibagor sudah dikenal sejak 1940, keterampilan itu diwariskan secara turun-temurun. Variasi produk payungnya berupa payung tari, payung untuk hiasan hotel, dan payung untuk kematian.

Sentra Kerajinan Tempurung Kelapa

Kartam dengan berbagai produk hasil kreatifnya (https://satelitpost.com)

Terletak di Desa Sokawera, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Produksi berupa Mangkok, Cangkir, Meja, Tempat tisu, nampan, Helm, Lampu, Pigura, dan barang lainnya, hasil kreasi Kartam.

Kartam berharap tak hanya mangkok yang bisa terbang hingga ke benua Eropa dan Amerika, tetapi juga barang kerajinannya yang lain ikut diminati pasar mancanegara.

Sentra perajin kerajinan lidi

Seorang Pengrajin menunjukkan kerajinan tangan terbuat dari lidi di Griya Kreatif (https://satelitpost.com)

Terletak di Desa Kedungwringin, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Sirinkaminah, seorang warga Desa Kedungwringin mendirikan Griya Kreatif Banyumas, mampu memberdayakan warga sekitar agar mendapat penghasilan lebih. Memang tak bisa membuat cepat kaya, tapi bisa membuat banyak orang kenyang. Begitulah slogan pengelola Griya Kreatif.

Kap Lampu (https://www.facebook.com)

Puluhan warga setempat, ia sebut sebagai mitra dalam produksi kerajinan lidi. Sebab, Griya Kreatif tidak ingin memperkaya pengelolanya saja, melainkan turut menambah peluang ekonomi bagi warga setempat, atau siapapun yang ingin belajar membuat kerajinan dari lidi. Produksinya berupa bentuk piring, kap lampu, keranjang parsel, tempat buah dan sebagainya

Griya Kreatif Banyumas
Menyediakan Pelatihan dan Pemesanan Piring lidi
Desa Kedungwringin rt04/3, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Telp.: +62823 2687 0820
FB: https://www.facebook.com/sirinkaminah

Pengrajin Perahu Kayu

Perahu tradisional (https://wiwidwahyu.wordpress.com)

Terletak di Desa Tambak Negara, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, tidak jauh dari tempat pembuatannya yang berada di tepi kali serayu. Perahu tradisional yang mereka buat nantinya dijual ke penambang pasir yang ada di aliran kali serayu.

One thought on “Wisata Belanja di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wisata Belanja di Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah

Thu Jan 16 , 2020
Purbalingga memiliki potensi untuk menjadi kota kreatif. Hal ini didukung oleh berbagai hal, baik berupa dukungan dari SDM dan kebijakan pemerintah maupun dari potensi kreatif yang ada di masyarakat. Sebagai upaya untuk mewujudkan terbentuknya Purbalingga sebagai kota kratif, maka pemerintah sebagai stakeholder utama perlu menyusun strategi dan kebijakan yang relevan. […]