Tak Tik Bum Wer

Permainan Tak tik bum wer (https://m.kaskus.co.id)

Permainan ini harus dimainkan oleh empat orang. Para pemain akan mengucapkan “Tak tik bum wer”. Tak bermakna jitak. Tik bermakna jentik atau sentil. Bum bermakna telapak tangan dipukul dengan gumpalan tangan sehingga akan berbunyi “bum”. Wer bermakna jewer.

Cara bermainnya sangat mudah. Keempat anak duduk di bawah lantai membentuk sebuah lingkaran. Tentukanlah siapa yang menjadi tak, tik, bum, dan wer. Selanjutnya, masing-masing pemain mengeluarkan jari di lantai sesuka hatinya. Jari yang dikeluarkan sesuka hati, boleh satu jari, dua jari, atau lima jari. Semua jari akan dihitung dengan irama tak tik bum wer. Bunyi yang berhenti pada hitungan terakhir itulah yang dianggap menjadi pemenang. Misalnya, bunyi tik yang terakhir. Pemain yang bernama tik dipersilakan menjentik teman- temannya. Permainan ini akan dilakukan secara berulang- ulang.

Permainan ini merupakan hiburan bagi anak-anak. Permainan ini menginginkan setiap anak memiliki kasih sayang pada temannya sehingga tidak menjewer temannya sekuat tenaga.

Sumber: E-book, Permainan Tradisional Anak Nusantara Oleh Rizky Yulita, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Tahun 2017

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.