Kuliner Khas Banyuwangi Jawa Timur

Pecel Rawon

Kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di Jawa Timur sekaligus menjadi yang terluas di Pulau Jawa, dengan luas wilayahnya yang mencapai 5.782,50 km2, atau lebih luas dari Pulau Bali (5.636,66 km2).

Kabupaten Banyuwangi menyandang beberapa julukan, di antaranya  The Sunrise of Java, Julukan The Sunrise of Java disandang Kabupaten Banyuwangi tidak lain karena daerah yang pertama terkena sinar matahari terbit di pulau Jawa. Bumi Blambangan, sejarah berdirinya Banyuwangi tidak bisa dilepaskan dari sejarah kerajaan Blambangan, karena Blambangan merupakan cikal bakal dari Banyuwangi. Blambangan adalah kerajaan yang semasa dengan kerajaan Majapahit bahkan dua abad lebih panjang umurnya. Blambangan adalah kerajaan yang paling gigih bertahan terhadap serangan Mataram dan VOC serta Blambanganlah kerajaan yang paling akhir ditaklukkan penjajah Belanda di pulau Jawa, dan lain sebagainya.

Pecel Pitik

Banyuwangi punya banyak Kuliner kaya rasa, rempah-rempah berpadu dengan warisan resep leluhur yang dijaga dari generasi ke generasi. menciptakan ragam kuliner penuh cita rasa. Biarkan lidah anda sendiri yang mengatakannya!

1. Sego Cawuk
2. Nasi Pecel Rawon
3. Pecel Pitik
4. Jangan Uyah Asem
5. Sop Kesrut
6. Rujak Soto
7. Sego Templong
8. Ayam Pedas
9. Pindang Koyong

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.