Geunuku (Kukuran Kelapa) Aceh

Alat untuk mengukur kelapa yang lazim dipakai oleh orang Aceh disebut geunuku. Geunuku termasuk perkakas dapur yang sangat penting. Tanpa sebuah geunuku belumlah sempurna sebuah dapur Aceh.

Geunuku terbuat dari balok kayu dimana pada ujungnya ditancapkan sebuah besi pipih bergerigi seperti gergaji yang dinamai mata geunuku. Bentuknya sepintas lalu seperti seekor binatang yang pendek kakinya tanpa kepala. Panjangnya dari buntut sampai ke leher kira-kira 70 cm. Tingginya lebih kurang 20 cm. Sebagai alat pengukur kelapa pemakaiannya sangat sederhana sekali.

Selain bentuk tersebut ada juga geunuku yang matanya di pasang pada papan yang tebal yang berbentuk kotak dan pada bagian atas dapat ditutup, dan mata geunuku dapat di lipat ke dalam kotak. Pada saat dipakai mata geunuku dikeluarkan dan sesudah dipakai lalu ditutup dan badannya dipergunakan sebagai tempat duduk.

Sumber: Peralatan Dapur Tradisional Aceh, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman Daerah Istimewa Aceh, 1993/1994

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.