Bermain Keong

Bermain keong paling diminati oleh anak perempuan. Namun, kadang-kadang ada juga anak lelaki yang ikut bermain. Permainan ini membutuhkan keong sebanyak enam buah. Keong yang digunakan sama besarnya. Jika tidak ada keong, bisa diganti dengan batu kerikil. Selain itu, dibutuhkan sebuah bola, boleh bola kasti, bola pingpong, atau bola karet.

Permainan ini bisa dilakukan dengan dua cara.

a. Cara pertama, para pemain duduk secara melingkar agar mudah melihat kawan yang sedang bermain. Siapa yang bermain duluan, dia akan menggenggam keong-keong yang akan dimainkan. Pemain melempar bola ke udara sambil membuang keong dalam genggamannya. Saat bola itu kembali jatuh, tangan si pemain dengan cekatan menangkap bola tersebut sambil memilih salah satu keong. Jika tidak berhasil menangkap bola atau keongnya terjatuh dari genggaman, ia dianggap gagal dan permainan dilanjutkan oleh pemain berikutnya.

b. Cara kedua, permainan dimainkan oleh dua orang. Pemain melempar bola ke udara sambil membalikkan keong-keong yang telungkup di lantai. Pemain melakukan dengan cepat dan tangkas sambil menangkap kembali bola yang akan jatuh ke lantai. Jika tidak berhasil, ia dianggap gagal.

Sumber: E-book, Permainan Tradisional Anak Nusantara Oleh Rizky Yulita, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Tahun 2017

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.