Belincar Kalimantan Timur

Ilustrasi permainan Belincar

Belincar merupakan permainan tradisional Kalimantan Timur dengan melontarkan benda pipih ke arah sasaran atau taruhan yang biasanya berupa daun-daunan, kertas bekas bungkus rokok. Permainan ini dahulunya dimainkan oleh anak-anak pedesaan akan tetapi seiring dengan perkembangannya permainan tradisioal kalimantan Timur ini juga banyak dimainkan oleh masyarakat perkotaan.belincar merupakan sebutan masyarakat bulungan kepada sebuah permainan tradisional ini.

Peraturan permainannya cukup mudah yaitu dengan melontarkan sebuah kebot (sebuah alat untuk melontarkan ke objek sasaran) menuju kepada utan yang telah berada di dalam garis kotak ataupun lingkaran. Apabila seseorang berhasil mengeluarkannya dalam jumlah yang lebih banyak daripada lawannya, ialah yang akan menjadi pemenangnnya. Adapun beberapa peraturan permaina ini ialah sebagai berikut.

  1. Jika lontaran tidak berhasil mengenai obyek sasaran, maka pelontarnya harus memberi kesempatan pemain lain untuk melontarkannya dengan kata lain melontarkannya diberi kesempatan sekali setelah itu apabila tidak berhasil maka pemain lain akan diberikan kesempatan untuk melontarkan.
  2. Lontaran akan dianggap sah jika  pemain berada di garis anjak yang jaraknya lima sampai sepuluh langkah dari lingkaran tempat diletakkannya objek sasaran.
  3. Apabila melontar dan ternyata obyek sasaran serta batu pelontar berada di posisi luar garis lingkaran, maka obyek tersebut berhak  untuk diambil dan pelontar masih memiliki kesempatan melontar lagi.

Inilah salah satu permainan tradisional yang masih dimainkan hingga saat ini selain itu, permainan ini memiliki keseruan tersendiri yang akan melatih ketepatan membidik sasaran.

Sumber: jelajahsamboja

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.