Tradisi ‘Nganggung Dulang’ Makan Bersama di Bangka Belitung

Tradisi Nganggung Dulang

Nganggung adalah budaya membawa makanan lengkap di atas dulang yang ditutup dengan tudung saji berwarna merah dan bermotif, di dalamnya biasanya berisi nasi, lauk-pauk, buah-buahan, dan juga aneka kue. Sedangkan dulang adalah talam atau nampan yang biasanya terbuat dari kuningan dan bentuknya bulat.

Isi lauk pauk yang tersaji di tradisi makan bedulang biasanya tumbuh-tumbuhan yang ada di Bangka Belitung seperti daun singkong, jantung pisang, daun kenikir, dan tumbuhan lainnya. Sementara, lauk yang pasti tersaji adalah ikan.

Tradisi Nganggung Dulang

Tradisi makan bedulang itu merupakan makan bersama-bersama. Ini adalah merupakan suatu budaya sejak dahulu kala di mana nenek moyang kami yang merupakan generasi terdahulu sudah membiasakan hal-hal seperti makan dulang bersama.

Masyarakat Bangka Belitung biasanya duduk bersama-sama makan bedulang. Mereka menyantap makanan sambil saling berbincang. Nganggung Dulang disebut sebagai tradisi budaya masyarakat Kepulauan Bangka Belitung. Tradisi ini biasanya dilaksanakan untuk memperingati hari-hari besar seperti lebaran, pernikahan, penyambutan tamu kehormatan atau ungkapan ikut berduka cita atas wafatnya satu diantara warga. Pada 7 hari sesudah saat berkabung umumnya orang-orang juga melakukan ritual tahlilan yang diikuti dengan kebiasaan nganggung untuk melindungi solidaritas serta ikut menolong yang terkena musibah.

Bentuk sajian Nganggung Dulang

Dengan kebiasaan ini kita bisa tunjukkan rasa kepedulian, kebersamaan, gotong royong serta senantiasa melindungi dan merajut tali kekeluargaan serta jalinan silaturrahim pada sesama. Dari ritual ini, tercermin begitu orang-orang Bangka Belitung menjujung tinggi rasa persatuan serta kesatuan dan gotong royong, tidak cuma dikerjakan masyarakat setempat tetapi dengan juga beberapa pendatang. Jiwa gotong royong orang-orang Bangka Belitung cukup tinggi.

Sumber: kompas

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.