Tradisi ‘Ngambeng’, Selamatan Makan Bersama di Temanggung Jawa Tengah

Ilustrasi tradisi Ngambeng

Salah satu tradisi Islami yang sampai saat ini masih bertahan di Desa Wonoboyo, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, adalah tradisi ngambeng. Ngambeng ialah istilah di Wonoboyo untuk menyebut suatu kegiatan berupa selamatan makan bersama-sama di masjid pada waktu-waktu tertentu seperti saat peringatan hari Asyura di bulan Muharram, peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, Rabu wekasan, nyadran, Nuzulul Qur’an, dan lain sebagainya.

Yang menjadi dasar atau prinsip utama dalam ngambeng adalah bersedekah makanan. Pelaksanaannya yaitu di sesi pamungkas acara-acara keislaman seperti di atas, tepatnya usai pengajian, mujahadah, atau khataman pembacaan Al Barzanji. Masing-masing jamaah yang hadir dalam acara-acara keislaman tersebut membawa nampan atau wadah berisi nasi dan lauk pauknya, saat tertentu seperti nyadran juga membawa Ingkung selain nasi beserta lauknya.

Tradisi Ngambeng makan bersama

Pada kesempatan ngambeng ini dalam suasana penuh keceriaan satu sama lain saling menawarkan makanan yang dibawanya. Begitu pula sebagian orang yang kebetulan tidak membawa ambengan sendiri dari rumahnya tidak sungkan untuk ikut bergabung untuk makan bersama.

Meski nyaris serupa dengan acara selamatan makan bersama yang diadakan di rumah-rumah secara pribadi tidak bisa disebut ngambeng. Semisal selamatan menempati rumah baru, membeli kendaraan baru, membuka usaha baru, dan bentuk tasyakuran lainnya hanya disebut selamatan biasa. Di samping bertempat di masjid, tradisi ngambeng terlihat jauh lebih egaliter karena boleh diikuti siapa saja tanpa harus melalui undangan khusus sebagaimana selamatan yang diadakan secara pribadi.

Memang tradisi ngambeng di Wonoboyo hingga sekarang masih berjalan. Hanya saja tentu sudah tidak seramai dan semeriah jaman dahulu.

Sumber: NU

Follow me!

One thought on “Tradisi ‘Ngambeng’, Selamatan Makan Bersama di Temanggung Jawa Tengah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.