Tarian Tradisional Kota Sukabumi Jawa Barat

Tari Korang Moci

Kesenian di kota Sukabumi dapat tumbuh dan berkembang dengan kemauan dan usaha dari seniman dan pencipta yang ada disanggar-sanggar sebagai upaya menambah dan melestarikan kesenian yang telah ada di kota Sukabumi. Hal ini menjadi peluang bagi para seniman untuk berlomba-lomba menciptakan karya seni yang inovatif, kreatif, dan menjungjung icon kota Sukabumi menjadi kemasan yang mudah dikenali oleh masyarakat umum.

Tari Batik Lokamatla

Tari Batik Lokamatla (https://agusrustiawandi.com)

Tari Batik Lokamatla ini merupakan tarian khas dari Kota Sukabumi sekaligus mengenalkan budaya dan kearifan lokal serta mengenalkan batik Kota Sukabumi kepada para tamu undangan yang hadir pada kegiatan tersebut, adapun motif batik yang digunakan yaitu Jenis Batik Tjiwangi dengan filosifi Legenda Nyi Mas Tjiwangi Cikundul dari Sukabumi.

Tari Korang Moci

Tari Korang Moci (https://sukabumiupdate.com)

Tari Korang Moci sendiri menggambarkan tentang apa yang terjadi dalam proses pengayaman korang, dari proses memotong, menganyam, hingga akhirnya menjadi sebuah korang.

Tari korang moci merupakan tarian yang masuk ke dalam tari jenis kreasi baru, tarian ini diciptakan pada tahun 2012 oleh seorang seniman asal Sukabumi yang bernama Dewa Bezana. Inspirasi dari tarian ini sendiri berasal dari makanan khas kota Sukabumi yaitu moci, moci menjadi makanan khas kota Sukabumi dikarenakan adanya interaksi antara warga asli kota Sukabumi dengan orang-orang Jepang pada saat penjajahan dahulu, sehingga akhirnya makanan ini diwariskan dari generasi ke generasi. Tidak hanya mochi yang menjadi inspirasi dari tarian ini, namun korang pun menjadi inspirasi dari tarian ini, korang adalah wadah yang biasa digunakan untuk membungkus moci.

 

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.