Tarian Tradisional Kendal Jawa Tengah

Tari Kolosal Kendal Beribadat

Kabupaten kendal adalah sebuah kabupaten kecil yang tidak begitu dikenal oleh masyarakat di luar kota. Namun,  di Kendal banyak sekali hal yang menarik di sini. Seperti kesenian dan kebudayaannya yang tak pernah lekang oleh waktu yang terus menerus dilestarikan disini, tempat wisatanya yang begitu banyak baik itu wisata alam religi dan lainnya, bahkan yang belum terjamah banyak orang pun ada di sini.

Tari Opak Abang

Tari Opak Abang (https://www.kendalkab.go.id)

Merupakan tarian rakyat yang berasal dari Desa Pasigitan, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Opak Abang adalah akronim kata Opak yang diambil dari kata kethoprak dan Abang merupakan alat musik pengiringnya yaitu terbang atau rebana. Gerakan pada tari Opak Abang sederhana dan banyak yang diulang-ulang. Ragam gerak dan musik pada tari Opak Abang yang khas dengan menggunakan gerak-gerak kerakyatan yang rampak dan diiringi alat musik rebana.

Tari Opak Abang diresmikan dan diakui oleh Pemerintah Kabupaten Kendal sekitar tahun 1970-an. Tari Opak Abang dianggap oleh masyarakat Kabupaten Kendal sebagai salah satu tarian yang menjadi identitas Kabupaten Kendal.

Tari Kendal Beribadat

Tari Kolosal Kendal Beribadat (http://swarakendal.com)

Tari ini diiring lagu qasiah dengan musik rebana yang dipadukan musik gamelan. Kostum para penari yang menggunakan hijab khas tradisional Kendal menari sambil membawa alat musik rebana.

Tari Ijo Royo Royo

Tari Ijo Royo Royo (https://jurnalisindonesia.id)

Merupakan sebuah karya tari kreasi baru yang menggambarkan keadaan sebuah tempat, desa, kota ataupun daerah yang tumbuh berkembang dipenuhi dengan berbagai tumbuhan dan pepohonan dengan daunnya yang hijau segar penuh keteduhan dan dapat membawa manfaat bagi masyarakat serta insan lainnya.

Follow me!

One thought on “Tarian Tradisional Kendal Jawa Tengah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.